Prabowo Mengaku Beruntung Ada Lulusan Terbaik Akmil TNI dan Polri di Kabinetnya

Tim Media Prabowo
Presiden Prabowo Subianto di acara Retreat Kabinet Merah Putih, Magelang, Jawa Tengah, Jumat (25/10). Foto: Tim Media Prabowo
Penulis: Agustiyanti
25/10/2024, 21.17 WIB

Presiden Prabowo Subianto mengaku beruntung memiliki lulusan terbaik akademi militer dari Matra TNI dan Polri yang memperkuat formasi Kabinet Merah Putih. Ia mencatat ada enam lulusan terbaik Adhi Makayasa di kabinetnya.

Prabowo sempat meminta mereka untuk berdiri dari kursinya seraya memperkenalkan diri kepada para anggota Kabinet Merah Putih yang menghadiri jamuan makan malam tersebut. Lulusan terbaik Akademi Kepolisian peraih Adhi Makayasa yang kini berkiprah di kabinet Prabowo-Gibran adalah Kapolri Listyo Sigit Prabowo dan Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian.

Sementara itu, empat lainnya peraih Adhi Makayasa dari unsur TNI, yakni:

  1. Letnan jenderal TNI (purn) Muhammad Herindra, lulusan Akmil Magelang angkatan 1987 yang kini menjabat sebagai Kepala Badan Intelijen Negara (BIN).
  2. Marsekal Madya TNI (Purn) Donny Ermawan Taufanto dari angkatan 1987 dan kini menjabat sebagai Wakil Menteri Pertahanan.
  3. Letkol (Purn) Muhammad Iftitah Sulaiman Suryanagara dari angkatan 1999 yang kini menjabat sebagai Menteri Transmigrasi.
  4. Agus Harimurti Yudhoyono angkatan 2000 yang kini menjabat sebagai Menko Infrastruktur dan Pembangunan Kewilayahan.


Selain enam lulusan terbaik Akmil, Prabowo juga memperkenalkan jajaran jenderal bintang empat, di antaranya:

  1. Jenderal TNI (Purn.) Dr. H. Wiranto yang kini menjabat sebagai Penasihat Khusus Presiden.
  2. Jenderal TNI (Purn) Prof. Dudung Abdurachman yang kini menjabat Penasihat Presiden bidang Keamanan
  3. Jenderal TNI Maruli Simanjuntak yang kini menjabat sebagai Kepala Staf Angkatan Darat (KSAD).

    Khusus Maruli, Prabowo mengenang penampilannya sebagai peraih gelar juara Judo tingkat Asia Tenggara. "Beliau bintang empat dan juara Judo Asia Tenggara," katanya disambut tepuk tangan para anggota Kabinet Merah Putih dan para Taruna Akmil yang hadir.