Sasar Anak Muda, Produsen Sepatu Vans Akuisisi Brand Supreme Rp 29 T

Supreme New York/ Instagram
Produk kolaborasi Timberland dan Supreme. Merek streetwear ini baru saja diakuisisi VF Corp senilai US$ 2,1 miliar.
Penulis: Ekarina
11/11/2020, 12.30 WIB

Perusahaan pemilik merek sepatu Vans, VF Corp  membeli merek pakaian Supreme senilai US$ 2,1 miliar atau setara Rp 29 triliun. Akuisisi ini akan menambah daftar panjang merek populer perusahaan yang ditujukan untuk pasar anak muda.  

VF Corp yang juga membawahi merek-merek seperti The North Face dan Timberland,  menyatakan siap membayar dana tambahan hingga US$ 300 juta, tergantung pada pencapaian penutupan pasca-kesepakatan. 

Saham VF Corp melonjak sekitar 13% menjadi US$ 78,94 pada perdagangan Selasa (10/11) sore. Carlyle Group dan firma ekuitas swasta yang berbasis di New York Goode Partners menjual saham Supreme, brand yang didirikan oleh pengusaha Amerika-Inggris James Jebbia pada 1994.

Kesepakatan tersebut diharapkan selesai pada akhir tahun ini dan diperkirakan  berkontribusi US$ 500 juta terhadap pendapatan dan laba per saham perseroan  pada tahun fiskal 2022.

Brand ini secara khusus telah memiliki banyak pengikut dari kelompok anak muda bergaya "hypebeasts" atau penggemar gaya streetwear kekinian melalui produknya seperti pakaian, sepatu, hoodie dan aksesoris lainnya. 

Keunikan brand Supreme sendiri cukup diakui di kalangan anak muda hingga membuat harga jualnya jauh lebih tinggi dibanding streetwear lain seperti VF's Vans atau Nike. Brand ini dikenal dekat dengan gaya khas pakaian anak muda urban Amerika yang identik dengan skateboard atau hip-hop.

“Modelnya yang langka, kekinian dan pengaruh sosial yang kuat ini mendukung kekuatan harga produk serta menghasilkan keuntungan terbaik di kelasnya,” kata Kepala Eksekutif VF Corp Steve Rendle dikutip dari Reuters, Rabu (11/11).

Halaman: