Pesta Diskon 11.11, Lazada Targetkan Transaksi Lebihi Rp 1,6 Triliun

Lazada
Kesibukan di pusat logistik Lazada saat kampanye belanja 9.9 2018.
Penulis: Desy Setyowati
Editor: Pingit Aria
1/11/2018, 17.51 WIB

Perusahaan e-commerce  Lazada kembali menggelar kampanye 11.11 pada 11 November nanti. Lazada optimistis, transaksi (gross merchandise value/GMV) selama kampanye ini bisa melebihi pencapaian tahun lalu yang mencapai Rp 1,6 triliun.

CMO Lazada Indonesia Monika Rudijono mengatakan, kampanye serupa tahun-tahun sebelumnya menjadi acuan bagi perusahaan untuk menghadirkan program yang lebih baik. "Kami harap lebih baik dari sebelumnya," ujarnya saat konferensi pers di Jakarta, Kamis (1/11).

CEO Lazada Indonesia Alessandro Piscini menambahkan, perusahaannya menyiapkan teknologi hingga logistik untuk mengimbangi tingginya permintaan selama kampanye 11.11. Layanan penyimpanan (fullfillment services) Lazada bagi mitra pemegang merek (LazMall) dan Usaha Kecil dan Menengah (UKM) di beberapa kota pun diperkuat sejak awal tahun ini.

Oleh karenanya, ia optimistis layanan logistik sepanjang kampanye ini bisa optimal. "Dari sisi teknologi, kami juga sudah mempersiapkan," kata Alessandro.

(Baca juga: Tokopedia dan Bukalapak Dominasi Pasar E-Commerce Indonesia)

Selain itu, Lazada menawarkan lima program khusus selama kampanye 11.11. Pertama,  program terbaru Lazada yakni wonderland, sebuah permainan yang memungkinkan konsumen masuk ke kota virtual di platform Lazada. Di dalam kota virtual tersebut, terdapat banyak toko virtual dari brand dan penjual yang bisa dikunjungi oleh konsumen.

Yang menarik, beberapa toko menyimpan harta karun berisi voucher belanja untuk para pelanggan Lazada. Harta karun tersebut hanya akan muncul pada waktu-waktu tertentu. "Pelanggan bisa menggunakan program game belanja virtual ini sejak 1 hingga 11 November," ujar Head of Online Marketing Lazada Indonesia Haikal Bekti Anggoro.

Kedua, shake it yang memungkinkan pengguna mendapat voucher hanya dengan menggoyang ponsel pintar (smartphone) di waktu-waktu tertentu. Ketiga, slash it. Pengguna bisa meminta referensi dari teman-temannya untuk mendapatkan potongan harga produk yang ingin dibeli.

Semakin banyak yang berpartisipasi, maka semakin tinggi pula potongan harganya. "Kami akan memilih tiga pelanggan beruntung setiap harinya," ujarnya.

(Baca juga: Shopee 11.11 Gelar Pesta Diskon untuk 220 Juta Produk)

Terakhir, flash sale atau program untuk mendapatkan produk dengan harga diskon dalam waktu singkat. Pada 11 November nanti, Lazada menyiapkan 11 kali flash sale selama sehari. Sebagian besar produk yang diikutsertakan dalam produk ini adalah yang termasuk kategori populer, seperti fesyen, keperluan rumah tangga, ataupun elektronik. "Diskonnya hingga 90%," kata dia.

Selain Lazada, Shopee bakal menggelar kampanye serupa bernama Shopee 11.11 Big Sale. E-commerce asal Singapura ini menjanjikan ragam promosi non-stop selama 18 hari sejak 25 Oktober hingga puncaknya pada 11 November 2018.

CEO Shoope, Chris Feng, mengatakan akan ada lebih dari 220 juta item produk yang ditawarkan kepada pembeli yang ikut dalam program 'Shopee 11.11' ini. “Tahun ini merupakan tahun ketiga kami mengadakan festival belanja online 11.11 dan merupakan yang terbesar diantara sebelumnya,” ujarnya beberapa waktu lalu (24/10).

Reporter: Desy Setyowati