Shopee menggelar kampanye 9.9 Super Shopping Day pada Kamis (9/9). E-commerce asal Singapura ini mencatatkan peningkatan jumlah pesanan produk Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) enam kali lipat dibandingkan hari biasa.
Secara regional, Shopee mencatat ada 45 juta produk terjual dalam 99 menit pertama saat festival promo 9.9. Selama periode ini, e-commerce bernuansa oranye itu memberikan diskon berupa gratis ongkos kirim hingga uang kembali (cashback) sampai Rp 100 ribu.
“Kami berharap ini dapat menciptakan peluang baru untuk para pelaku usaha dan memberikan kebahagiaan bagi para pengguna dengan pengalaman belanja yang dipersonalisasi, menarik dan sosial,” kata Direktur Shopee Indonesia Handhika Jahja dalam siaran pers, Jumat (10/9).
Ia pun menjabarkan beberapa pencapaian selama festival promo 9.9, di antaranya:
- Pengguna di regional menghabiskan 24 juta jam untuk menonton rangkayan tayangan lewat Shopee Live dalam tiga minggu menjelang promo 9.9
- Ada 1,5 juta produk flash sale dan 60 juta voucer yang diklaim saat hari puncak kampanye 9.9
- Pengguna di Indonesia menghabiskan lebih banyak waktu untuk bermain Shopee Games. Shopee Tanam misalnya, dimainkan lebih dari 650 juta kali selama festival promo 9.9
- Di Indonesia, jumlah merchant offline ShopeePay meningkat enam kali lipat dibandingkan tahun lalu
- Jumlah pesanan produk UMKM meningkat enam kali lipat dibandingkan hari biasa
- Secara regional, Shopee mencatat ada 45 juta produk terjual dalam 99 menit pertama saat festival promo 9.9
Handhika juga memerinci tren belanja online selama festival promo 9.9. Produk UMKM di bidang kecantikan yang paling banyak dibeli yaitu toner wajah, masker rambut, sunblock.
Sedangkan kategori perlengkapan rumah yang mencatatkan permintaan tinggi yaitu wajan, kotak penyimpanan sepatu, dan alat make up.
Untuk kategori makanan dan minuman, produk UMKM yang laris yaitu baso aci, mie goreng, dan cimol. Produk-produk ini dikemas secara instan.