Lazada mencatatkan peningkatan penjualan produk Fast Moving Consumer Goods (FMCG) enam kali lipat selama 2019 hingga 2022. Barang yang dimaksud termasuk kebutuhan pokok (groceries), kebutuhan ibu dan anak, kesehatan, kecantikan, serta mainan.

VP FMCG Lazada Indonesia Lia Kurtz mengatakan, jumlah penjual produk FMCG melonjak 10 kali lipat. Sedangkan jumlah konsumen yang berbelanja barang kategori ini meningkat delapan kali lipat.

Produk kesehatan menjadi yang paling pesat pertumbuhannya. "Ini terdorong oleh pandemi Covid-19," kata Lia dalam konferensi pers virtual, Kamis (10/3).

Produk kesehatan seperti pembersih tangan atau hand sanitizer, masker, dan vitamin diburu pembeli saat pandemi corona.

Kemudian, produk kecantikan banyak diminati konsumen di Lazada. Kemudian kebutuhan pokok.

Lazada mengandalkan sejumlah strategi untuk mendongkrak penjualan produk FMCG. Salah satunya, agresif berkolaborasi dengan merek-merek FMCG dalam dua tahun terakhir.

"Kami berkerja sama dengan Unilever, PNG, L'oreal, Danone Nestle hingga Frisian flag," katanya. "Semua yang dicari ibu-ibu kami siapkan di Lazada.”

Lazada juga membuat menu pencarian khusus misalnya, Lazada Baby Store yang menyediakan kebutuhan ibu dan anak.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan