Riset: Pengiriman dan Kualitas Produk Tokopedia Mengungguli Shopee

Lazada, Bukalapak, Shopee, Tokopedia
Lazada, Bukalapak, Shopee, Tokopedia
Penulis: Desy Setyowati
19/4/2022, 13.23 WIB

Hasil riset perusahaan market research global, Ipsos menunjukkan bahwa Tokopedia juara dalam hal layanan pengiriman dan kualitas produk di Indonesia. E-commerce yang berafiliasi dengan Gojek ini mengalahkan Shopee, Lazada hingga Blibli.

Laporan tersebut berdasarkan survei terhadap 1.051 responden di 15 kota besar di Indonesia pada Januari. Mayoritas konsumen menilai produk yang ditawarkan atau dijual di e-commerce Tokopedia memiliki kualitas yang lebih baik dibandingkan pesaingnya.

Sebanyak 74% responden menyebut bahwa kualitas produk di Tokopedia baik. Lalu Shopee 63%, Lazada 63%, Bukalapak 50%, dan OLX 40%.

Layanan pengiriman juga unggul, baik dari sisi kelengkapan pilihan, kecepatan, dan fitur. Rinciannya dapat dilihat pada Bagan di bawah ini:

Alasan masyarakat menggunakan layanan e-commerce (Antara/Ipsos)


“Layanan pengiriman merupakan hal yang krusial karena sangat berpengaruh terhadap pengalaman belanja dan tingkat kepuasan konsumen," kata Research Director Brand Health Tracking Ipsos in Indonesia Lioni Halim dikutip dari Antara, Senin (18/4).

"Banyaknya pilihan jasa pengiriman yang disediakan akan memberikan kepuasan tertentu bagi konsumen. Terlebih lagi ketika layanan itu baik, cepat, dan mudah dilacak,” ujar Lioni. “Dari hasil survei ini, layanan pengiriman Tokopedia unggul dibandingkan merek e-commerce lain.”

Menurut Ipsos, layanan pengiriman memengaruhi keputusan konsumen dalam memilih e-commerce. Hal-hal yang menjadi pertimbangan pelanggan yakni durasi pengiriman, variasi atau pilihan jasa pengiriman atau kurir, serta fitur pelacak atau tracking pengiriman.

Soal durasi pengiriman, mayoritas responden (52%) menilai bahwa Tokopedia merupakan e-commerce dengan layanan pengiriman tercepat. Shopee berada di urutan kedua (45%), lalu Lazada 43%, OLX 40%, dan Bukalapak 30%.

Berdasarkan variasi layanan pengiriman, Tokopedia juga unggul yakni 33%. Kemudian Shopee 28%, Lazada 26%, 25%, dan OLX 20%.

Untuk fitur pelacakan atau tracking, sebanyak 29% responden menilai bahwa Tokopedia memiliki fitur pelacak pengiriman atau orderan yang informatif. Urutan kedua ditempati oleh Shopee 18%, Lazada 16%, serta Bukalapak dan Blibli masing-masing 11%.

Sedangkan tingkat kunjungan ke situs web e-commerce menurut iPrice, sebagai berikut:

Reporter: Antara