Platform e-commerce, Tokopedia mencatat tren belanja daring (online) selama kuartal pertama tahun ini. Hasilnya, barang-barang seperti masker, benih tanaman, hingga minyak goreng banyak diminati konsumen.
"Tokopedia mencatat, kategori rumah tangga, kesehatan, makanan dan minuman, elektronik serta busana menjadi beberapa kategori yang paling dicari masyarakat pada kuartal pertama 2022,” kata Head of External Communications Tokopedia, Ekhel Chandra Wijaya dalam siaran pers kemarin (18/5).
Pada kategori rumah tangga, produk yang paling laris antara lain bantal kepala, stop kontak dan benih atau bibit tanaman. Sementara, produk seperti masker kesehatan, masker sekali pakai serta obat herbal menjadi yang paling banyak dicari pada kategori kesehatan.
Untuk kategori makanan dan minuman, minyak goreng, mie instan serta buah-buahan menjadi beberapa produk paling laku. Sedangkan, earphone, bohlam lampu serta speaker menjadi produk paling banyak dibeli di kategori elektronik.
Kemudian, produk kaos, sandal serta sneakers jadi yang terlaris dicari masyarakat pada kategori busana pria. Untuk kategori busana wanita ada sandal, tas selempang dan daster menjadi produk yang paling laris.
Peningkatan permintaan pada kategori barang tersebut turut didorong oleh deretan inisiatif Tokopedia. Misalnya, ada inisiatif Home Living SALEbrations yang merupakan kampanye terbesar pada kategori rumah tangga.
Selanjutnya, ada Tokopedia Peduli Sehat yang bekerja sama dengan pegiat usaha di industri kesehatan.
Inisiatif Tokopedia NOW! membantu masyarakat memenuhi produk harian dalam waktu maksimal dua jam pengiriman setelah pembayaran. Lalu, Tokopedia Nyam! membantu masyarakat mendapatkan produk makanan dan minuman dengan lebih mudah, aman dan efisien.
Berbagai macam produk teknologi terkurasi juga dihadirkan melalui Tokopedia Tekno. Selain itu, berbagai produk busana pria dan wanita dihadirkan melalui Zona Ganteng, Women in Style dan Cantik Fest.
Selain tren barang yang diminati konsumen, Tokopedia mencatat terjadinya tren peningkatan permintaan pengiriman antar-pulau. "Pada kuartal I 2022, peningkatan paling tinggi pesanan antar-pulau sebesar hampir 65 kali lipat untuk pesanan dari Sulawesi ke Papua,” kata Ekhel.
Sedangkan, pengiriman terjauh di Tokopedia yaitu dari Pekanbaru ke Jayapura.
Untuk memfasilitasi pengiriman antar-pulau, Tokopedia juga terus menggencarkan inisiatif Hyperlocal. Inisiatif ini mengusung teknologi geo-tagging untuk mendekatkan pembeli dengan penjual terdekat, misal lewat kampanye Kumpulan Toko Pilihan (KTP).
“Tokopedia akan terus berupaya mempermudah masyarakat memenuhi kebutuhan harian sekaligus mendukung pertumbuhan pelaku Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) lokal agar bisa bangkit bersama,” ujar Ekhel.
Tokopedia menjadi e-commerce paling banyak dikunjungi sepanjang tahun lalu. iPrice menganalisis data rerata total kunjungan masing-masing platform di SimilarWeb.
"Tokopedia mendominasi sebagai situs web e-commerce yang paling banyak dikunjungi sepanjang 2021," kata iPrice. Tokopedia mencatatkan 149,6 juta kunjungan.
Hasil riset perusahaan market research global, Ipsos menunjukkan bahwa Tokopedia juara dalam hal layanan pengiriman dan kualitas produk di Indonesia. E-commerce yang berafiliasi dengan Gojek ini mengalahkan Shopee, Lazada hingga Blibli.