Konsumen di Indonesia mayoritas bertransaksi di lebih dari satu platform, menurut laporan Jakpat. Namun hanya Shopee yang didominasi oleh pelanggan perempuan.
“Secara umum, transaksi rata-rata pengguna selama semester II 2022 Rp 475.810 dalam sebulan. Segmen yang berbelanja lebih dari nilai ini yakni laki-laki, gen X, dan milenial,” demikian dikutip dari laporan Jakpat, Selasa (28/3).
Berikut perbandingan demografi konsumen JD.ID, Lazada, Shopee, Tokopedia, Bukalapak, dan Blibli di Indonesia:
Data tersebut berdasarkan survei terhadap 1.486 pelanggan e-commerce selama Agustus – Desember 2022. Tingkat kesalahan atau margin of error 5%.
Berdasarkan data itu, hanya Shopee yang didominasi oleh pelanggan perempuan (56%). Sedangkan yang lainnya laki-laki yakni:
- JD.ID didominasi oleh pelanggan laki-laki (55%)
- Blibli (53%)
- Tokopedia (58%)
- Lazada (55%)
- Bukalapak (70%)
Milenial mendominasi jumlah pelanggan di keenam e-commerce itu.