Mengkaji Alasan Tokopedia Gaet TikTok Setelah Menggandeng Instagram

Katadata/Desy Setyowati
Logo TikTok, Tokopedia, Instagram
Penulis: Desy Setyowati
30/11/2023, 07.10 WIB

TikTok dan GoTo Gojek Tokopedia dikabarkan menjajaki kerja sama. Sementara itu, GoTo sudah menggandeng Instagram untuk memperkuat lini bisnis e-commerce.

Sumber Bloomberg menyampaikan pekan lalu (22/11), bahwa TikTok sedang dalam pembicaraan untuk berinvestasi pada GoTo Gojek Tokopedia lewat pembentukan perusahaan patungan. "Dapat diselesaikan dalam beberapa minggu ke depan," ujar sumber.

"Daripada melakukan investasi langsung, kesepakatan tersebut dapat berbentuk usaha patungan," kata salah satu sumber.

Katadata.co.id mengonfirmasi kabar tersebut kepada TikTok dan Tokopedia. Namun belum ada tanggapan.

Macquarie Sekuritas dan Maybank Sekuritas menilai, kerja sama antara TikTok dan Tokopedia menjadi win-win solution bagi kedua perusahaan. “Rekam jejak GOTO sebagai pemimpin lokal dengan pemegang saham yang memiliki koneksi baik,” demikian isi laporan Macquarie Sekuritas dikutip dari Bloomberg.

Keuntungan bagi GoTo Gojek Tokopedia bekerja sama dengan TikTok yakni:

1. TikTok memiliki 125 juta pengguna di Indonesia. Tanah Air pun menjadi pasar terbesar kedua bagi perusahaan Cina ini, setelah Amerika. Rinciannya sebagai berikut:

2. Perusahaan venture builder asal Singapura Momentum Works memperkirakan persentase transaksi TikTok Shop di Asia Tenggara 13,9% tahun ini. Transaksi TikTok Shop diprediksi menjadi satu-satunya yang tumbuh tahun ini, dengan rincian sebagai berikut:

  • TikTok Shop naik dari 4,4% pada 2022 menjadi 13,9%
  • Shopee turun dari 48,1% pada 2022 menjadi 45,9%
  • Tokopedia turun dari 18,5% pada 2022 menjadi 14,2%
  • Lazada turun dari 20,2% pada 2022 menjadi 17,5%
  • Lainnya turun dari 8,9% pada 2022 menjadi 8,6%

“Transaksi Tokopedia turun hampir 9% secara tahunan atau year on year (yoy) selama sembilan bulan pertama pada 2023. Hal ini menunjukkan bahwa TikTok Shop menjadi kontributor utama pertumbuhan transaksi e-commerce di Indonesia,” demikian dikutip.

3. TikTok Shop menghasilkan transaksi US$ 2,5 miliar di Indonesia, atau ~14%/~6% dari transaksi keseluruhan tahun Tokopedia

“Sisi negatifnya, mungkin ada beberapa implikasi dari tingkat ‘bakar uang’ TikTok Shop yang sebelumnya tinggi. Selain itu, ada risiko perundingan kerja sama tertunda dan bisa gagal,” demikian dikutip.

Sementara itu, keuntungan bagi TikTok Shop bekerja sama dengan Tokopedia menurut analis Maybank Sekuritas yaitu:

  1. Cara tercepat agar TikTok Shop dapat kembali beroperasi di Indonesia yakni melalui kemitraan dengan pemain yang sudah ada
  2. GoTo Gojek Tokopedia memiliki ekosistem yang terintegrasi, khususnya logistik dan pembayaran digital
  3. GoTo Gojek Tokopedia memiliki basis pengguna yang besar di Indonesia
  4. GoTo Gojek Tokopedia memiliki pemahaman mendalam terhadap pasar lokal yakni perusahaan yang berbasis di Indonesia, fokus domestik akan menjadi nilai tambah karena cenderung berhubungan baik dengan regulator

Maybank Sekuritas menyampaikan ada tiga cara agar TikTok bisa menyediakan layanan e-commerce di Indonesia, yakni:

  • Berkolaborasi dengan pelaku usaha e-commerce yang sudah ada melalui Antarmuka Pemrograman Aplikasi alias Application Programming Interface (API)
  • Membuat aplikasi e-commerce baru
  • Mengakuisisi pelaku usaha yang sudah ada

“Namun cara tercepat agar TikTok Shop dapat kembali beroperasi yakni melalui kemitraan dengan pemain yang sudah ada,” ujar analis Maybank Sekuritas. “Dengan asumsi model kemitraan, kami yakin GOTO merupakan kandidat terkuat.”

Alasannya, Tokopedia melengkapi layanan TikTok Shop di Indonesia sebagaimana terlihat pada Bagan di bawah ini:

Perbandingan layanan e-commerce di Indonesia (Maybank Sekuritas)

GoTo Gojek Tokopedia Gaet Instagram

Di tengah isu menjajaki kerja sama dengan TikTok, GoTo Gojek Tokopedia justru sudah menggandeng Instagram dalam memperkuat lini bisnis e-commerce.

Direktur Utama GoTo Gojek Tokopedia Patrick Sugito Walujo menyampaikan, perusahaan sudah melakukan uji coba kerja sama dengan induk usaha Instagram yakni Meta.

"Ada pilot dengan Meta, Instagram, untuk melakukan live streaming. Jadi bisa melakukan siaran langsung di aplikasi Tokopedia dan di Instagram live," ujar Patrick dalam pertemuan dengan petinggi media pada Senin (6/11).

"Kami mulai pilot kerja sama beberapa minggu lalu,” Patrick menambahkan.