Penjualan UMKM Naik 9 Kali Setelah Tokopedia dan TikTok Bergabung

Katadata/Desy Setyowati
Tokopedia dan TikTok
Penulis: Lenny Septiani
6/2/2024, 06.00 WIB

Penjualan UMKM yang ikut dalam kampanye Tokopedia dan TikTok ‘Beli Lokal’ saat 12.12 melonjak sembilan kali lipat dibandingkan November 2023.

Kali ini, Tokopedia x TikTok meluncurkan kampanye ‘Melokal dengan Batik’. “Batik UMKM bisa ditemukan di halaman khusus di Shop | Tokopedia,” kata Presiden Tokopedia Melissa Siska Juminto dalam acara Konferensi Pers: TikTok dan Tokopedia Luncurkan Kampanye #MelokalDenganBatik di Yogyakarta, Senin (5/2).

Sebelumnya, Head of Communications Tokopedia Aditia Grasio Nelwan menyampaikan, Tokopedia mencatatkan kenaikan transaksi brand lokal kecantikan dan perawatan tubuh di Tokopedia, khususnya pada kampanye Beli Lokal di momen Harbolnas 12.12.

Rata-rata kenaikan hampir 19 kali lipat dibandingkan transaksi harian pada November 2023. “Sejumlah brand lokal fashion di Tokopedia rata-rata mencatatkan kenaikan transaksi lebih dari 13 kali lipat,” kata Aditia dalam keterangan pers, bulan lalu (19/12).

Sementara itu, produk laris di TikTok yakni:
• Kecantikan dan perawatan diri
• Pakaian wanita
• Fashion muslim
• Pakaian pria
• Makanan dan minuman

Kategori produk yang paling laris pada kampanye Beli Lokal, khususnya di Tokopedia saat Harbolnas 12.12 lalu, antara lain:
• Kecantikan
• Perawatan tubuh
• Fashion
• Makanan dan minuman
• Rumah tangga

Sementara itu, produk laris di TikTok yakni:
• Kecantikan dan perawatan diri
• Pakaian wanita
• Fashion muslim
• Pakaian pria
• Makanan dan minuman

Reporter: Lenny Septiani