TikTok x Tokopedia menyediakan akses pinjaman modal kepada UMKM batik. Selain itu, membuka akses terhadap teknologi produksi.
“TikTok dan Tokopedia berupaya memajukan industri batik Tanah Air lewat pemanfaatan teknologi,” kata Direktur Eksekutif E-Commerce TikTok Indonesia Stephanie Susilo, dalam acara Konferensi Pers: TikTok dan Tokopedia Luncurkan Kampanye #MelokalDenganBatik di Yogyakarta, Senin (5/2).
Setidaknya ada empat hal yang disediakan dalam kampanye #MelokalDenganBatik, yakni:
- Akses ke pinjaman modal usaha dari mitra lembaga keuangan
- Teknologi pendukung produksi batik seperti alat pengering
- Insights atau data-data yang sudah dianalisis mengenai tren dan manajemen inventaris
- Desain batik hasil kolaborasi dengan Institut Seni Indonesia atau ISI Yogyakarta
Namun Stephanie belum mau memerinci cara dan syarat untuk mendapatkan pinjaman modal usaha hingga akses ke teknologi produksi yang disediakan oleh TikTok dan Tokopedia.
“Ke depan, TikTok dan Tokopedia juga terus berupaya meluncurkan berbagai inisiatif untuk mendorong kemajuan lebih banyak pelaku UMKM batik, dan berbagai produk lokal lain demi mengakselerasi pertumbuhan UMKM di Indonesia,” ujar Stephanie.
Fashion Category Lead Shop | Tokopedia Desey Muharlina Bungsu menyampaikan, perusahaan akan mengkaji UMKM yang memiliki potensi untuk berkembang untuk mendapatkan pinjaman modal.