Integrasi TikTok Shop dan Tokopedia Rampung, Keranjang Kuning Dihapus

Katadata/Desy Setyowati
Logo Tokopedia dan TikTok Shop
Penulis: Lenny Septiani
3/4/2024, 14.35 WIB

Integrasi e-commerce pada aplikasi TikTok dengan Tokopedia sudah rampung sejak 27 Maret 2024. Pengguna bisa mematikan fitur keranjang kuning pada konten-konten di media sosial TikTok.

“Semuanya sudah di sistem Tokopedia sekarang,” kata Presiden Tokopedia Melissa Siska Juminto dalam Diskusi Media Update Perkembangan Masa Transisi TikTok dan Tokopedia di Kantor Tokopedia di Jakarta, Rabu (3/4).

Dengan rampungnya integrasi TikTok dan Tokopedia, pengguna dapat mematikan fitur keranjang kuning di konten video maupun live di aplikasi TikTok. Berikut caranya:

  • Buka aplikasi TikTok
  • Pilih menu Shop
  • Pilih menu akun
  • Klik ‘Privasi’
  • Klik ‘Rekomendasi Produk Yang Dipersonalisasi’ dan klik tombol switch untuk mematikan

Dengan mematikan fitur itu, pengguna tidak akan melihat rekomendasi produk di fitur ‘Shop Tokopedia’, ‘Halaman TikTok Untuk Anda’, dan ‘Pencarian TikTok’.

Berikut rangkuman perubahan Shop Tokopedia di aplikasi TikTok setelah integrasi rampung:

  1. Media sosial TikTok hanya untuk promosi, sedangkan fitur belanja yang dikelola Tokopedia yang menyelesaikan transaksi pembayaran.
  2. Perubahan warna menjadi berwarna hijau pada Shop Tokopedia.
  3. Opsi pembayaran lebih banyak, berupa Gopay, OVO, DANA, transfer bank, Indomaret, Alfamart, hingga bayar di tempat.
  4. Tersedia invoice transaksi pengguna yang belanja di Shop Tokopedia.
  5. Tambahan opsi mitra logistik lokal, seperti J&T, Sicepat, dan JNE
  6. Terdapat logo Tokopedia dan TikTok pada kertas resi paket
  7. Seluruh fitur pendukung bagi merchant dan afiliator menjadi domain Tokopedia dan menggunakan logo Shop Tokopedia.
  8. Penyesuaian branding pada aplikasi Seller Center di Google Play, Apple Store, halaman utama website, Creator WorkSpace, dan Business.
  9. Syarat dan ketentuan layanan merchant dikelola oleh Tokopedia
  10. Pemisahan akun Shop Tokopedia dan akun sosial media TikTok
  11. Pengguna dapat menonaktifkan rekomendasi produk dari aktivitas media sosial
Reporter: Lenny Septiani