Konsumen Habiskan Rp 212 Triliun untuk Beli Makanan dan Minuman via Aplikasi

Meta.ai/Katadata Desy Setyowati
ShopeeFood, GoFood, GrabFood
Penulis: Desy Setyowati
4/3/2025, 17.58 WIB

Belanja online untuk membeli makanan di Indonesia mencapai US$ 10,8 miliar atau Rp 177,7 triliun (kurs Rp 16.450 per US$) selama tahun lalu, menurut data We Are Social. Sementara itu, pengeluaran untuk berbelanja minuman US$ 2,1 miliar atau Rp 34,5 triliun.

Dengan demikian, total belanja online untuk membeli makanan dan minuman Rp 212,2 triliun.

Angka tersebut melonjak dibandingkan 2023 yakni untuk makanan US$ 6,09 miliar dan minuman US$ 1,33 miliar.

Sementara itu, data Momentum Works memperkirakan transaksi pesan-antar makanan di Indonesia US$ 5,4 miliar atau  Rp 88,9 triliun tahun lalu. Rinciannya sebagai berikut:

  • GrabFood Grab: 47% (US$ 2,54 miliar atau Rp 41,8 triliun)
  • GoFood Gojek: 35% (US$ 1,89 miliar atau Rp 31,1 triliun)
  • ShopeeFood: 18% (US$ 970 juta atau Rp 16 triliun)

“ShopeeFood menunjukkan pertumbuhan yang luar biasa, memanfaatkan platform Shopee yang sering mengadakan festival belanja. Shopee menjadi yang terbesar ketiga secara regional, dan juga menyalip Foodpanda di Thailand,” demikian dikutip dari laporan Momentum Works.

GoFood Gojek pernah merilis daftar makanan dan minuman terlaris selama tahun lalu. Berikut daftarnya:

Keseluruhan:

  1. Nasi Ayam
  2. Kopi
  3. Gorengan
  4. Mi
  5. Nasi Padang

Fitur GoFood Hemat:

  1. Mi
  2. Nasi Goreng
  3. Nasi Ayam
  4. Rice Bowl
  5. Kebab

Nasi Ayam konsisten menduduki puncak menu terlaris selama enam tahun berturut-turut.

“Laporan ini menjadi acuan dan inspirasi bagi para mitra usaha untuk semakin mengenal selera pasar dan mengembangkan bisnis misalnya, berinovasi membuat menu atau paket makanan, hingga mempelajari perilaku pelanggan untuk strategi iklan di GoFood,” kata Head of Marketing Food and Ads Gojek Ignatius Satrio dalam keterangan pers, bulan lalu (7/2).

Ia juga mengungkapkan tiga menu yang diperkirakan populer pada 2025, di antaranya:

  1. Es Americano
  2. Menu berbahan ayam
  3. Seblak

Transaksi belanja online makanan dan minuman merupakan yang tertinggi tahun lalu, menurut data We Are Social. Kategori ini menyalip elektronik dan fashion sebagai produk yang paling banyak dibeli via aplikasi dan situs web pada 2023.

Baca artikel ini lewat aplikasi mobile.

Dapatkan pengalaman membaca lebih nyaman dan nikmati fitur menarik lainnya lewat aplikasi mobile Katadata.