Aplikasi GoPay, Upaya GoTo Tingkatkan Inklusi Keuangan di Indonesia

Katadata - Arief Kamaludin
Budi Gandasoebrata - GoTo
Penulis: Luky Maulana - Tim Publikasi Katadata
24/7/2023, 15.25 WIB

PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk melalui entitas usaha GoTo Financial menyampaikan komitmennya untuk membantu meningkatkan inklusi dan literasi keuangan di Indonesia. Komitmen perusahaan teknologi tersebut dilakukan melalui peluncuran aplikasi GoPay secara terpisah.

“Dengan adanya GoPay app, harapannya adalah kita ingin menjangkau segmen masyarakat yang benar-benar berbeda,” kata Head of Regulatory and Public Affairs at GoTo Financial Budi Gandasoebrata dalam acara Indonesia Data & Economic Conference (IDE) 2023 yang diselenggarakan Katadata di Jakarta, Kamis (20/7).

Menurut Budi, dalam sesi 'Digitalizing the Financial Inclusion', peluncuran aplikasi dompet digital perusahaan ini demi menjangkau segmen konsumen tertentu. Terutama, segmen masyarakat yang belum pernah mengakses aplikasi seperti Gojek dan Tokopedia.

Hal tersebut merupakan upaya GoTo dalam mengatasi tantangan inklusi dan literasi keuangan. Budi mengatakan, literasi keuangan menjadi penting demi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. 

Menurutnya, aplikasi dompet digital seperti GoPay bisa membantu warga untuk mengelola keuangan hingga menyiapkan rencana masa depan.

Dalam kasus usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) misalnya, pelaku usaha yang memanfaatkan platform keuangan digital akan beroleh sejumlah manfaat. 

Sebagai contoh, aplikasi keuangan akan membantu pelaku UMKM untuk mengelola operasional bisnis, termasuk mencatat jumlah pemasukan ataupun omzet, dan pertumbuhan pendapatan.

Halaman:
Reporter: Luky Maulana