Apa Itu Kredit Mesra Program Ridwan Kamil untuk Kurangi Ketergantungan Pinjol?

ANTARA FOTO/M Risyal Hidayat/nym.
Mantan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menyampaikan pandangannya saat mengikuti program talk show Redaksi LKBN ANTARA di ANTARA Heritage Center, Jakarta, Jumat (12/7/2024).
Penulis: Amelia Yesidora
24/9/2024, 06.00 WIB

Bakal calon gubernur Jakarta Ridwan Kamil berencana menyediakan program Kredit Mesra untuk mengatasi ketergantungan pada pinjol. Program ini sudah diterapkan di Jawa Barat.

Ridwan Kamil menjelaskan, Kredit Mesra adalah pemberian modal usaha tanpa bunga kepada masyarakat. “Itu jawaban supaya mereka tidak ‘terpinjol’. Ini dikelola oleh pemerintah,” ujar dia saat sosialisasi di Jakarta Utara, Jumat (20/9).

Melansir dari laman Bank Jawa Barat atau BJB, kredit mesra dibuat khusus pelaku usaha mikro yang sulit mendapatkan modal. Peminjam harus menjadi anggota komunitas dari rumah ibadah yang mempunyai atau akan menjalankan usaha mikro, tapi belum memenuhi syarat untuk mendapatkan kredit dari bank.

Plafon kredit Mesra di Jawa Barat dari Rp 500 ribu hingga Rp 10 juta. Peminjam tidak dikenakan bunga, agunan, dan biaya provisi alias biaya penanganan. Pinjaman ini diberikan dari jangka waktu enam hingga 12 bulan.

Biaya yang dibebankan pada kreditur hanya biaya administrasi, tergantung jangka waktu pinjaman. Biaya administrasi untuk pinjaman enam bulan 8% dan 9,5% selama setahun.

Berikut syarat dokumen yang harus dipenuhi calon kreditur:

  • KTP dan KK yang menunjukkan bahwa calon kreditur tinggal di sekitar tempat ibadah
  • Surat nikah bila sudah menikah
  • Surat rekomendasi dari pengurus tempat ibadah
  • Mengikuti pelatihan dari Bank BJB
  • Membuka tabungan di Bank BJB
  • Membentuk kelompok maksimal 10 orang

Total 17.029 peminjam dari 2.820 kelompok yang mendapat manfaat program ini per November tahun lalu. Mereka tersebar di lima provinsi, 16 kota, dan 42 kabupaten dengan total 1.955 rumah ibadah di Jawa Barat. Total penyaluran kredit Rp 77,5 miliar.

Reporter: Amelia Yesidora