10 Tagar Viral di Instagram Saat Ramadan, Facebook: UMKM Bisa Promosi

alexey malkin|123RF.com
Ilustrasi, ikon aplikasi Instagram pada close-up layar iPhone Apple.
21/4/2020, 13.18 WIB

Pandemi corona memukul pendapatan sebagian pelaku Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM). Facebook menyebutkan ada 10 tagar (hashtag) yang paling banyak dicari di Instagram saat ramadan atau menjelang lebaran, sehingga bisa dimanfaatkan oleh pebisnis untuk mempromosikan produknya.

Tagar tersebut di antaranya #lebaran, #gamis,  #dirumahaja, #hijab, #bajulebaran, #syari, #mukenacantik, #bajumuslim, #alwahijab, dan #bajumurah. Daftar ini berdasarkan catatan Facebook selama ramadan dan lebaran di tahun-tahun sebelumnya.

Communications Manager Instagram Asia-Pacific Putri Silalahi mengatakan, busana merupakan produk yang paling banyak dicari menjelang lebaran. “Ini peluang besar bagi teman-teman pelaku bisnis dan UMKM. Hashtag ini bisa dipakai saat membuat unggahan atau menjadi dasar saat membuat strategi promosi terkait Hari Raya," katanya saat video conference, Selasa (21/4).

(Baca: UMKM Bertahan, Pandemi Corona Ciptakan Tren Baru di Bisnis Kuliner)

Apalagi, Instagram bakal menggelar bazaar virtual saat ramadan. Induk perusahaan, Facebook juga mengalokasikan US$ 100 juta untuk membantu 30 ribu UMKM di seluruh dunia yang terdampak pandemi virus corona.

"Kami akan mulai (alokasi bantuan untuk UMKM) di lebih dari 30 negara di mana kami beroperasi, termasuk Indonesia," ujar Country Director Facebook Indonesia Peter Lydian.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur