Gandeng TaniHub, PT Pertani Target Jual 150.000 Ton Beras per Tahun

ANTARA FOTO/ Muhammad Bagus Khoirunas/agr/foc.
Ilustrasi, aktivitas panen padi. PT Pertani menargetkan mampu mendorong penjualan beras lebih dari 150.000 ton per tahun dengan menggandeng startup agritech TaniHub.
10/8/2020, 21.17 WIB

Guna mendorong penjualan produk-produknya, PT Pertani menggandeng startup teknologi pertanian atau agritech TaniHub. Melalui kolaborasi ini, Pertani menargetkan dapat mendorong penjualan beras lebih dari 150.000 ton per tahun.

Direktur Utama Pertani Maryono mengatakan bahwa kerja sama ini memudahkan pelanggan mendapatkan beragam jenis beras produksi Pertani, mulai dari beras merah, beras organik, sampai beras premium. Semuanya akan tersedia melalui platform e-commerce TaniHub.

"Pelanggan di berbagai sektor, seperti hotel, restoran, katering, ritel, badan usaha pemerintah pusat dan daerah juga dapat melakukan pembelian dengan jenis beras custom yang dapat disesuaikan dengan kebutuhan," kata Maryono melalui siaran pers, Senin (10/8).

Selain beras TaniHub juga bakal memasarkan produk Pertani lainnya seperti benih dan pupuk, serta menyalurkan pinjaman kepada para petani yang bernaung di bawah Pertani. Penyaluran pinjaman ini dimungkinkan lewat platform peer to peer lending (P2P lending) milik TaniHub, yaitu TaniFund.

Melalui platform P2P lending ini, para petani dapat mendapatkan pinjaman untuk membeli, memperbaiki, merawat mesin serta alat produksi beras.

Chief Executive Officer TaniHub Ivan Arie Sustiawan mengatakan bentuk kerja sama antara pihaknya dengan Pertani akan menyentuh sisi hulu hingga hilir sektor pertanian.

Kolaborasi ini ia nilai akan menguntungkan kedua belah pihak, karena Pertani memang dikenal sebagai produsen beras, sementara TaniHub dikenal dengan kemampuannya menjangkau pasar produk dan pangan.

Halaman:
Reporter: Cindy Mutia Annur