Ada Ledakan Kasus Covid-19, Permintaan Telemedicine dan Vaksin Naik

ANTARA FOTO/Sigid Kurniawan/rwa.
Petugas kesehatan mengambil vaksin COVID-19 AstraZeneca sebelum disuntikkan di Sentra Vaksinasi Central Park dan Neo Soho Mall, Jakarta Barat, Sabtu (8/5/2021).
7/7/2021, 18.28 WIB

Startup layanan kesehatan Good Doctor mencatatkan peningkatan permintaan layanan telemedicine sebesar enam kali lipat dalam sebulan terakhir. Lonjakan tersebut terjadi untuk layanan pendaftaran vaskinasi sejak kasus Covid-19 melonjak.

Head of Medical Management Good Doctor Adhiatma Gunawan mengatakan, lonjakan kasus Covid-19 membuat fasilitas kesehatan, seperti rumah sakit dan klinik menjadi penuh. Alhasil, banyak masyarakat yang memilih mendapatkan layanan kesehatan dari platform telemedicine.

"Peningkatan layanan hingga enam kali lipat untuk jumlah konsultasi yang masuk. Ini menjadi cermin bahwa kasus Covid-19 di luar sudah sangat tinggi," kata Adhitama kepada Katadata.co.id, Rabu (7/7).

Di samping itu, layanan telemedicine untuk konsultasi terkait keluhan Covid-19 maupun keluhan penyakit lainnya ikut mengalami peningkatan. Diikuti, layanan penyediaan obat yang juga meningkat, serta layanan vaksinasi.

"Sudah lebih dari 50.000 orang yang mendaftar vaksinasi melalui Good Doctor," ujar Adhitama.

Hingga saat ini, layanan vaksinasi melalui Good Doctor sudah menyasar pada kelompok masyarakat yang lebih luas lagi. Sebelumnya, layanan cenderung diperuntukkan bagi tenaga kesehatan, masyarakat lanjut usia (lansia), dan pelayan publik.

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan