Startup kuliner Kopi Kenangan menggandeng proyek non-fungible token alias NFT asli Indonesia, Karafuru. Proyek NFT disebut mencatatkan transaksi Rp 1 triliun, menurut laporan Finfolk Money.
CNN Internasional melaporkan, NFT adalah aset digital yang menggambarkan objek asli seperti karya seni, musik, atau item yang terdapat pada video dan game. Aset digital ini tidak dapat digandakan atau diganti.
Melalui kolaborasi dengan Karafuru, Kopi Kenangan membuat delapan desain edisi terbatas untuk produk kopi kemasan siap minum. “Harapannya dapat menambah semangat perjuangan yang positif,” Direktur Utama Bumi Cipta Rasa Thomas Dosy dalam keterangan pers, Jumat (22/7).
Sedangkan delapan desain edisi terbatas kopi kemasan Kopi Kenangan tersebut yakni:
- Pejuang Deadline, yang mendedikasikan waktu, usaha, dan tenaga setiap harinya untuk menyelesaikan pekerjaan tepat waktu
- Pejuang Masa Depan, yakni generasi muda yang berjuang menuntut ilmu untuk lulus demi masa depan terjamin
- Pejuang Sporty untuk mereka yang latihan dan berkompetisi guna mengumpulkan medali bagi Indonesia atau yang sedang berjuang mengadopsi pola hidup sehat
- Pejuang Push Rank, para atlet e-sports dan gamers Indonesia
- Pejuang Content, individu yang terus membagikan konten bermanfaat di media sosial dan juga menjadi suara para netizen
- Pejuang Musik
- Pejuang Pakeet~, yakni kurir paket
- Pejuang Get Well Soon untuk para tenaga medis
Kopi kemasan Kopi Kenangan dengan desain unik itu akan tersedia di Alfamart, Alfamidi, Indomaret, supermarket lainnya, serta Tokopedia pada Minggu (24/7).
Sedangkan Karafuru merupakan proyek NFT asli buatan Indonesia. Transaksinya disebut-sebut mencapai Rp 1 triliun, menurut laporan Finfolk Money.
Dikutip dari OpenSea, Karafuru merupakan rumah bagi 5.555 seni generatif yang dikembangkan oleh Museum of Toys. Ada sejumlah karakter animasi Karafuru yang dijual di OpenSea, seperti Shirai, Futo, Ku'roi, Egao hingga Kiba.
Karafuru hadir sejak Januari 2022. Founder Karafuru NFT, Grady Edbert mengatakan bahwa awalnya hanya berbentuk 12 karakter.
"Konsepnya, ke-12 karakter ini berteman baik di suatu kota bernama Neon City, di Jepang," ujar Grady dalam channel YouTube Finfolk Money, bulan lalu (2/6).
Karafuru juga mempunyai visi menghadirkan NFT dalam bentuk nyata dan bisa dibawa ke pulang. Sejak awal, para pendiri mengincar pasar global. "Bukan karena kami dari Indonesia, terus mengincar pasar domestik saja," ujarnya.
Karafuru pun berkolaborasi dengan banyak ekosistem. Alhasil, NFT ini dikenal di banyak negara.
Pada Februari, 5000-an koleksi NFT Karafuru habis terjual.
Karafuru pun sempat masuk trending worldwide di OpenSea. Karafuru juga menjadi NFT buatan lokal pertama yang mencapai 4,5 ETH atau sekitar Rp 190.597.079 harga dasar di OpenSea.io.
Kini, volume transaksi NFT Karafuru mencapai 43,7 ETH.
Di Indonesia, Chef Arnold turut memperkenalkan Karafuru NFT. Begitu juga selebgram sekaligus pengusaha Arief Muhammad yang mengunggah karya Karafuru di akun Instagram @ariefmuhammad.