Grab kembali menggelar program workshop yang memungkinkan pengemudi ojek online alias ojol mencari peruntungan sebagai kreator konten atau creator content. Program ini digelar di delapan kota.
Decacorn yang berbasis di Singapura itu menggandeng NAS Academy untuk menggelar program workshop ‘Content Creator x NAS Academy’. Program ini diikuti oleh puluhan mitra pengemudi taksi dan ojek online alias ojol dari berbagai kota.
NAS Academy merupakan startup pendidikan dari Singapura yang berfokus pada edukasi bagi kreator konten media sosial.
Director of Central Operations Grab Indonesia Iki Sari Dewi menyampaikan, inisiatif itu bertujuan mendukung pengembangan kreativitas dan pengetahuan mitra pengemudi taksi dan ojek online alias ojol mengenai pemanfaatan media sosial.
Harapannya, workshop tersebut dapat memperbesar peluang mitra pengemudi taksi dan ojek online alias ojol untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Grab sudah menggelar program serupa tahun lalu.
“Sejak beberapa waktu lalu, kami mengamati semakin banyak mitra pengemudi taksi dan ojek online alias ojol yang gemar dan aktif membagikan konten di media sosial, bahkan memiliki ratusan ribu pengikut,” kata Iki dalam keterangan pers, Rabu (6/9).
“Kami melihat bahwa jika dikelola dengan baik, media sosial juga dapat menjadi ladang penghasilan tambahan bagi mitra pengemudi taksi dan ojek online alias ojol. Hal ini yang mendorong kami mengadakan workshop dengan harapan dapat membantu mitra untuk semakin berkembang di ranah digital,” Iki menambahkan.
Workshop ‘Content Creator’ dipandu oleh mentor dari NAS Academy dan diikuti oleh puluhan mitra pengemudi taksi dan ojek online alias ojol di delapan kota.
Lewat program itu, mitra pengemudi taksi dan ojek online alias ojol dibekali dengan berbagai tips praktis yang dapat digunakan saat membuat konten media sosial, seperti menyusun script, melakukan editing video, mengunggah konten hingga strategi monetisasi.
“Sebelumnya saya teh ngasal kalau mau upload unggahan. Tetapi setelah mengikuti workshop ini, saya menjadi tahu kapan harus mengunggah supaya mendapatkan banyak likes atau comment,” ujar salah satu mitra pengemudi Grab asal Bandung, Asep Supriatna.
“Jadi, akun saya juga bisa viral. Kalau viral, siapa tahu bisa mendapatkan rezeki lewat media sosial,” Asep menambahkan.
Selain workshop, Grab mengundang content creator Mamang Osa untuk menyampaikan informasi mengenai cara membuat konten yang menarik, proses editing, mengoptimalkan fitur yang tersedia di media sosial hingga cara menjaga pertumbuhan followers alias pengikut.