Perusahaan e-commerce Blanja.com menargetkan transaksi selama Ramadan tahun ini naik 50% dibandingkan periode sama tahun lalu. Untuk mencapai target tersebut, Blanja.com mengadakan promo dan menyediakan fitur baru.
CEO Blanja.com Jemy Confido optimistis target tersebut bisa tercapai. Sebab, perusahaannya sudah meningkatkan transaksi hingga 43% secara tahunan (year on year/yoy) pada Kuartal I-2019. “Kami optimistis bisa naik lebih dari 50% selama Ramadan,” ujarnya saat konferensi pers di Jakarta, Selasa (7/5).
(Baca: Banjir Promo Ramadan Tokopedia dan Shopee: Gratis Ongkir hingga Umroh)
Ia memperkirakan, ada tiga kategori produk yang paling banyak dipesan selama Ramadan tahun ini. Ketiga kategori tersebut adalah elektronik, busana, dan produk digital. Bahkan, ia mencatat produk digital seperti voucher gim menopang pertumbuhan transaksi di Blanja.com.
Brand Manager Blanja.com Adhitya Insan menambahkan, perusahaannya menggelar beberapa program kampanye untuk meningkatkan transaksi selama Ramadan. Pertama, merilis fitur permainan Bedug Blanja. Dia berharap, gim seperti ini meningkatkan jumlah kunjungan ke platform Blanja.com.
(Baca: Gaet Konsumen, E-commerce Rilis Fitur Hiburan hingga Bursa Produk Asli)
Kedua, meluncurkan fitur Koin Blanja. Lewat fitur ini, pengguna bisa menukarkan koin untuk mendapatkan hadiah seperti umrah, mudik gratis, motor, gawai, emas, dan voucher belanja.
Ketiga, flash sale yang diadakan tiga kali dalam sehari. Blanja.com memberikan promo hingga 90% di setiap flash sale. Keempat, fitur Web Series berdurasi lima menit yang tayang setiap Selasa pukul 16.00 selama Ramadan.
(Baca: Shopee Berharap Lampaui Transaksi Ramadan dengan Kampanye 9.9)
Adhitya optimistis, fitur dan program tersebut bisa meningkatkan waktu kunjungan di platformnya. Dengan begitu, peluang bagi pengguna untuk berbelanja di Blanja.com menjadi lebih besar. “Fitur-fitur ini berfungsi untuk meningkatkan engagement dengan pengguna,” ujarnya.
Program promo ini berlangsung sejak Mei hingga Juni 2019. Sedangkan fitur Koin Blanja bakal tersedia hingga akhir tahun ini.
(Baca: Sambut Ramadan, OVO, Tokopedia, dan Grab Galang Donasi Digital)