Jawab Kritik, Facebook Akan Bagikan Lebih Banyak Data Iklan Politik

Solen Feyissa/Unsplash
Ilustrasi cara mengganti nama Facebook
24/5/2022, 11.17 WIB

Induk Facebook, Meta mengatakan akan membagikan lebih banyak data target iklan politik dan sosial kepada peneliti. Facebook memang kerap dikritik karena penargetan iklan politik dan kurangnya transparansi akan hal itu.

Vice President of Business Integrity Meta Jeff King mengatakan pihaknya akan memberikan informasi mendetail untuk masalah sosial, iklan pemilu, atau politik kepada peneliti terpilih yang mendaftar pada akhir Mei ini. 

Data yang diberikan mencakup kategori lingkungan hingga tempat yang sering digunakan untuk bepergian penggunanya. Kategori ini yang dipilih untuk membantu penargetan iklan individual.

Meta juga akan menyertakan ringkasan informasi penargetan untuk iklan politik, termasuk lokasi, demografi, dan minat di perpustakaan pada Juli mendatang. Perpustakaan Meta dapat menunjukkan bahwa selama 30 hari terakhir, sebuah laman menjalankan 2.000 iklan tentang masalah sosial, pemilu, atau politik. 

 Perpustakaan juga akan memberitahu bahwa 40% dari belanja iklan tersebut ditargetkan ke pengguna yang tinggal di Pennsylvania, Amerika Serikat (AS) atau orang yang tertarik pada politik.

"Upaya ini dilakukan untuk dapat membantu orang lebih memahami praktik yang digunakan dalam menjangkau pemilih potensial pada teknologi kami," kata King dikutip dari CNN Internasional, Senin (23/5).

Halaman:
Reporter: Fahmi Ahmad Burhan