Dua Proyek Hijau Akan Groundbreaking di IKN pada Awal 2024

ANTARA FOTO/Indrianto Eko Suwarso/rwa.
Foto udara suasana proyek pembangunan Rumah Tapak Jabatan Menteri di Kawasan Inti Pusat Pemerintahan Ibu Kota Negara, Sepaku, Kabupaten Penajam Paser Utara, Kalimantan Timur, Selasa (28/2//2023). Pembangunan 36 Rumah Tapak Jabatan Menteri tersebut tengah memasuki tahap pematangan lahan dan ditargetkan rampung pada Juni 2024 sebagai salah satu persiapan untuk penyelenggaraan upacara bendera Hari Kemerdekaan RI di IKN Nusantara.
29/12/2023, 17.13 WIB

Dua Proyek Hijau di Ibu Kota Nusantara (IKN) akan groundbreaking pada Januari atau Februari 2024. Proyek hijau tersebut akan mewujudkan tujuan IKN sebagai kota berkelanjutan.

Deputi Bidang Pendanaan dan Investasi Otorita Ibu Kota Nusantara, Agung Wicaksono, mengatakan groundbreaking proyek IKN tersebut dikerjakan oleh investor dalam negeri. 

"Ada 15 ivestor yang groundbreaking di Januari-Februari 2024, dua di antaranya proyek hijau," ujar Agung saat konferensi pers secara daring, Jumat (29/12).

Adapun dua proyek tersebut adalah:

1. Botanical garden 

Proyek ini dikerjakan oleh Konsorsium Nusantara yang terdiri dari 10 perusahaan di antaranya Agung Sedayu Group, Adaro, Sinar Mas, dan Astra.

2. Pulau Suaka Orang Utan

Proyek ini dikerjakan Yayasan Arsari bekerja banyak berperan dalam konservasi orang utan di IKN.

Selain itu, terdapat juga 13 rencana groundbreaking lembaga negara dan investor swasta lainnya pada awal 2024. Proyek tersebut antara lain Otoritas Jasa Keuangan (OJK) terkait proyek pembangunan gedung kantor, proyek gedung kantor Lembaga Penjamin Simpanan (LPS), proyek gedung BPJS Kesehatan, proyek gedung kantor PLN, proyek perkantoran/bank Mandiri, proyek hotel dari Jambuluwuk, proyek hotel bintang 5 dan convention center dari Royal Golden Eagle (RGE), dan groundbreaking proyek mixed used Indogrosir.

Kemudian hotel dan lapangan golf dari Ciputra, proyek perkantoran/bank BCA, proyek showroom furniture, lalu groundbreaking proyek kawasan pergudangan Sinar Primera, dan groundbreaking proyek mixed used dari GrandLucky Superstore.

UU Nomor 3 Tahun 2022 tentang Ibu Kota Negara menyatakan bahwa pembangunan IKN menjadi mesin penggerak perekonomian bagi Kalimantan dan menjadi pemicu penguatan rantai nilai domestik di seluruh Kawasan Timur Indonesia. Pembangunan IKN menempatkan Indonesia dalam posisi yang lebih strategis dalam jalur perdagangan dunia, aliran investasi, dan inovasi teknologi.

Berdasarkan data Otorita IKN, ada 304 surat minat investasi letter of intent (LOI) yang sudah diterima dari para investor di dalam dan luar negeri per Desember 2023.