IHSG Ditutup Menguat 0,11%, Saham BUKA dan PANI Masuk Top Gainers

ANTARA FOTO/Muhammad Adimaja/rwa.
IHSG naik 0,11% ke level 7504, didukung sentimen optimis dari pengendalian konflik AS-Israel atas Iran yang mencegah lonjakan harga minyak.
7/10/2024, 16.37 WIB

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) ditutup menguat 0,11% ke level 7.504 pada penutupan perdagangan Senin (7/10).

Kenaikan ini sejalan dengan bursa regional Asia yang juga menunjukkan penguatan. Pilarmas Sekuritas mengungkap sentimen positif datang dari respons pelaku pasar terhadap kebijakan pemerintah Amerika Serikat (AS), yang meredakan kekhawatiran setelah Presiden Joe Biden berhasil mencegah serangan Israel terhadap industri minyak Iran. Hal ini memberikan angin segar bagi pasar, mengurangi ketidakpastian dan meningkatkan optimisme investor.

Biden menyampaikan langkah tersebut diambil untuk mencegah kenaikan atau lonjakan harga minyak dunia dengan membujuk Israel agar tidak menyerang fasilitas minyak Iran. Meskipun secara diplomatik tetap memberikan dukungan kepada Israel jika negara tersebut tidak menyerang target tertentu di Iran.

Di sisi lain, pasar juga masih yakin bahwa The Fed berpeluang memangkas suku bunga acuannya, meskipun tidak secara agresif. Hal ini didorong oleh data inflasi yang turun menjadi 4,1% dari 4,2% pada Agustus, yang menunjukkan gambaran solidnya ekonomi AS.

Sementara itu, dari dalam negeri, ketegangan di Timur Tengah masih membayangi pasar keuangan. Ancaman serangan terhadap infrastruktur minyak Iran dapat mengganggu pasokan dan memicu kenaikan harga minyak.

"Pada gilirannya akan membebani APBN akibat peningkatan harga minyak tersebut," tulis Pilarmas Sekuritas, Senin (7/10).

Pada perdagangan hari ini, data perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI) menunjukkan nilai transaksi saham tercatat mencapai Rp 11,68 triliun dengan volume 25,12 miliar saham dan frekuensi sebanyak 1.248.339 kali. Sebanyak 315 saham menguat, 240 saham terkoreksi, dan 241 saham tidak bergerak. Sedangkan untuk kapitalisasi pasar IHSG pada hari ini menjadi Rp 12.569,8 triliun.

Bursa Asia bergerak menguat seiring dengan naiknya IHSG. Nikkei 225 naik 1,8%, Hang Seng Seng naik 1,6% dan Straits Times meningkat 0,17%. Sementara Shanghai Composite tidak melakukan perdagangan. 

Saham top gainers:
- PT Bukalapak.com Tbk (BUKA)
- PT Lippo Karawaci Tbk (LPKR)
- PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK)
- PT Pantai Indah Kapuk Dua Tbk (PANI)
- PT Bumi Resources Minerals Tbk (BMRS)

Saham top losers: 
- PT MNC Sky Vision Tbk (MSKY)
- PT Siloam International Hospitals Tbk (SILO)
- PT TBS Energi Utama Tbk (TOBA)
- PT Kimia Farma Tbk (KAEF)
- PT Bank KB Bukopim Tbk (BBKP)

Reporter: Patricia Yashinta Desy Abigail