Memasuki Usia 62, BJB Terus Berkomitmen Membahagiakan Indonesia

bank bjb
Di dalam perayaan ulang tahun bank bjb ke-62 ini, kata kunci yang dikedepankan adalah bahagia. Artinya, kebahagiaan warga Indonesia sangat berarti bagi perseroan agar selalu bermanfaat.
Penulis: Dini Hariyanti - Tim Publikasi Katadata
20/5/2023, 18.12 WIB

PT Bank Pembangunan Daerah Jawa Barat dan Banten Tbk. (bank bjb) tahun ini genap berusia 62 tahun. Pada usia yang semakin matang, perseroan terus memacu diri agar semakin berkontribusi terhadap pertumbuhan ekonomi nasional maupun daerah.

Direktur Utama bank bjb Yuddy Renaldi mengatakan, usia 62 tahun merupakan fase matang untuk terus berjuang turut membangun bangsa dan menumbuhkan ekonomi masyarakat. Bank bjb juga berkomitmen untuk selalu bermanfaat bagi Indonesia, khususnya pada era digitalisasi ini.

Di dalam perayaan ulang tahun bank bjb tahun ini, ini, kata kunci dikedepankan adalah bahagia. Hal ini dapat dimaknai bahwa kebahagiaan warga Indonesia sangat berarti untuk perseroan agar senantiasa bermanfaat. “Bank bjb  berkomitmen untuk membuat warga Indonesia #MakinHepi,” ucap Yuddy melalui siaran pers, Sabtu (20/5) .

Bank bjb melakukan beragam acara, baik yang bersifat internal maupun kegiatan yang berdampak langsung kepada masyarakat. Contohnya melalui Program #HepiDiskon, bank bjb memberikan kebahagiaan dengan menyajikan berbagai program diskon selama periode ulang tahun.

Kemudian, ada program #HepiBerbagi. Bank bjb menebar semangat berbagi melalui kegiatan sosial maupun amal yang fokus kepada prinsip Corporate Social Responsibily (CSR) perusahaan berkode emiten BJBR ini. Ada pula #HepiHemat yang menghadirkan berbagai promo serta inovasi produk dan layanan. 

Bank bjb juga memberi apresiasi kepada nasabah atas kesetiaan mereka melalui Program #HepiLoyality. Apresiasi juga diberikan kepada insan bank bjb yang telah berkonstribusi bagi perusahaan melalui Legacy Award & Timeless Engagement.

Pada puncak perayaan ulang tahun, melalui program #Hepiversary #HepiDay, dilakukan berbagai kegiatan. Ada #HepiBazar yang melibatkan para pelaku UMKM serta kegiatan olah raga #HepiRun dan #HepiRide.

Selama periode ulang tahun, bank bjb juga mengajak masyarakat untuk ikut kompetisi pembuatan video kreatif menggunakan music Jingel bjb Tandamata.  Kompetisi ini mengangkat campaign, yaitu bersama bank bjb #MakinHepi.

Tak lupa, bank bjb pun memberikan apresiasi kepada insan bank bjb yang telah berkonstribusi bagi perusahaan melalui Legacy Award & Timeless Engagement.  Penghargaan ini terdiri dari Legacy Award (Pensiunan), Timeless Engagement (masa kerja 25 tahun), Timeless Engagement (masa kerja 30 tahun). Selain itu juga akan diberikan CSR berupa santunan kepada para perwakilan

Di dalam setiap program perayaan ulang tahun, pelaku usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM) selalu diajak terlibat. Hal ini bermaksud untuk memberi kesempatan agar UMKM di daerah bisa meningkatkan kualitas sekaligus memperluas pasar.

“Bank bjb berkomitmen untuk meningkatkan perekonomian dengan mendorong pemberdayaan UMKM, mendukung digitalisasi, kepedulian terhadap lingkungan, penerapan tata kelola yang baik,” ujar Yuddy.

Sementara pada sisi shareholder alias pemegang saham, bank bjb pun senantiasa berkomitmen untuk memberikan yang terbaik. Hal ini terbukti dari kenaikan dividen setiap tahun dan juga selalu mendukung program pemerintah daerah.

Bank bjb membagi dividen tahun buku 2022 sebesar Rp1,1 triliun. Angka ini setara dengan 49,47 persen laba bersih yang berhasil dibukukan sebesar Rp 2,22 triliun. Sepanjang 2022, bank bjb berhasil mencatatkan pertumbuhan laba yang berkualitas sehingga dividen per lembar saham pun meningkat dari Rp99,11 menjadi Rp104,55.

Yuddy menegaskan, manajemen berkomitmen terus meningkatkan kinerja, misalnya dengan terus berinovasi, menjaga Non Performing Loan (NPL), meningkatkan nilai aset, memperkuat penyaluran kredit dengan prinsip kebermanfaatan dan kehati-hatian, serta memperkuat infrastruktur teknologi.

“Semua itu dilakukan agar bank bjb terus menjadi Tandamata bagi negeri,” ujar Yuddy.

Adapun, selain fokus kepada layanan kredit unggulan, bank bjb juga mendorong pendapatan lain melalui produk layanan berbasis fee based income, ekosistem digital, produk layanan berbasis teknologi dan wealth management. Saat ini, perseroan memiliki ribuan jaringan kantor yang tersebar di 14 provinsi di Indonesia.

Per Maret 2023, ekosistem digital bank bjb terus bertumbuh pesat dengan jumlah pengguna DIGI Mobile apps user sebanyak 1,38 juta user, tumbuh 103 persen dibandingkan tahun sebelumnya. Serta, QRIS merchant sebanyak 945,9 ribu merchant atau meningkat 70,8 persen.

Bank bjb juga terus memperluas aliansi bisnis demi memperkuat kinerja. Salah satunya ditempuh dengan cara bersinergi bersama BPD lain yang sehat dan berkinerja baik.

Bank bjb merupakan BPD terbesar di Indonesia yang memiliki infrastruktur, dukungan permodalan, infrastruktur digital, serta SDM yang mumpuni. “Kami terbuka untuk kolaborasi yang akan memberikan manfaat bagi kedua belah pihak,” tutur Yuddy.