Bank Mandiri mengimbau nasabah agar berhati-hati terhadap kejahatan pembobolan rekening berkedok undian berhadiah. Aksi penipuan mengatasnamakan Bank Mandiri semacam ini tersebar di media sosial dengan tagline “Gebyar Undian Grand Prize”.

Corporate Secretary Bank Mandiri Teuku Ali Usman menyatakan, pelaku penipuan sengaja menyebarkan tautan situs web phising berkedok program undian palsu. Penipu menyasar para pengguna media sosial sebagai sasaran empuk.

“Kami mengimbau masyarakat dan nasabah Bank Mandiri agar lebih berhati-hati. Kami pastikan itu adalah penipuan. Kami tidak memiliki program undian berhadiah yang sedang berlangsung,” katanya melalui keterangan resmi, Minggu (5/5).

Teuku Ali menuturkan, modus penipuan yang dilakukan yakni dengan membuat akun palsu mengatasnamakan Bank Mandiri di sosial media seperti Facebook dan Instagram. Pelaku penipuan lantas memuat postingan dengan narasi “Gebyar Undian Grand Prize” dari Bank Mandiri serta mencatut foto senior manajemen bank.

Dari unggahan tersebut, calon korban diarahkan untuk mengklik situs web phishing. Dari tautan yang ada lantas pelaku meminta calon korban untuk mengisi nomor ponsel, kredensial kartu debit seperti nomor kartu, expired date, kode CVV, kata sandi, PIN, diakhiri dengan form pengisian kode OTP.

“Hal inilah yang dapat menyebabkan timbulnya kerugian finansial bagi siapa saja yang mengisinya. Sehingga kami meminta pada seluruh nasabah untuk lebih berhati-hati," ucap Teuku Ali. 

Tak hanya itu, akun palsu yang mengatasnamakan Bank Mandiri juga membuat publikasi berisi konten terbaru dari akun resmi perseroan. Kemudian, mereka menyelipkan narasi adanya program “Gebyar Undian Grand Prize”.

Teuku Ali menegaskan, Bank Mandiri tak memiliki program undian berhadiah. Oleh karena itu, jika menerima informasi mencurigakan segeralah menghubungi Mandiri Call 14000 atau MITA Whatsapp. 

Tautan resmi Bank Mandiri yang dapat diakses untuk mengetahui program-program Bank Mandiri, yaitu https://bankmandiri.co.id/en/promo-mandiri atau klik fitur promo yang ada di superapp Livin’ by Mandiri.

“Akun resmi Instagram Bank Mandiri adalah @bankmandiri, sedangkan Facebook resmi yaitu Bank Mandiri, dan twitter official ialah @bankmandiri dengan centang biru, hanya itu. Jadi selain itu, tolong jangan percaya,” katanya Teuku Ali.

Ia kembali mengingatkan agar nasabah selalu #JagaBaikBaik data rahasia perbankan seperti kode OTP sebagai verifikasi transaksi yang dikirimkan ke HP, nomor kartu debit/kredit, CVV/CVC (tiga angka di belakang kartu), PIN, User ID dan kata sandi untuk tidak diberikan kepada siapapun dengan alasan apapun.