Melalui serangkaian strategi, inovasi, dan transformasi layanan digital, Bank Mandiri kembali menorehkan prestasi.
Bank bersaham BMRI ini mengoptimalkan data analytics, otomasi proses robotik, dan kecerdasan buatan untuk meningkatkan layanan bagi nasabah. Perseroani memproses miliaran data pelanggan untuk menghasilkan produk yang dipersonalisasi dan meningkatkan adopsi layanan.
Strategi tersebut turut mendorong kinerja Livin’ by Mandiri hingga September 2024, layanan super app ini mencatat nilai transaksi mencapai Rp2.940 triliun dengan volume transaksi sebesar 2,7 miliar transaksi. Transaksi ini datang dari pengguna aplikasi yang menembus 27,6 juta pengguna, naik 32 persen secara Year on Year (YoY) hingga sembilan bulan pertama 2024.
Berkat kinerja tersebut, Bank Mandiri berhasil memborong tiga penghargaan dari The Digital Banker pada ajang The Global Retail Banking Innovation Award 2024. Bank Mandiri dinobatkan sebagai Best Robotic Process Automation Initiative, Most Outstanding Machine Learning, dan Best Technology Implementation by a Retail Bank in Indonesia.
SEVP Digital Banking Bank Mandiri Sunarto Xie menyatakan, penghargaan ini merupakan komitmen perseroan dalam memberikan layanan terbaik bagi nasabah serta kontribusinya terhadap perekonomian Indonesia.
Keandalan digitalisasi Bank Mandiri yang tercermin dalam pencapaian tersebut, menunjukkan kemampuan adaptif dan solutifnya dalam menghadapi perkembangan teknologi serta kebutuhan pasar.
Penghargaan dari The Digital Banker ini diperoleh Bank Mandiri berdasarkan penilaian pencapaian dan kinerja perseroan selama satu tahun terakhir. Selain itu, solusi ekosistem menyeluruh dan terintegrasi yang ditawarkan oleh bank berlogo pita emas ini melalui Livin’ dengan pemanfaatan pengolahan data, robotik, dan kecerdasan buatan.
“Dalam menentukan strategi bisnis, Bank Mandiri menerapkan konsep customer oriented yang selalu berusaha mengikuti kebutuhan dan kepuasan nasabah secara berkelanjutan,” tuturnya melalui kketerangan resmi, Senin (11/11).
Sebelumnya, The Asian Banker juga mengakui kehandalan transformasi digital Bank Mandiri dengan memberikan dua penghargaan pada ajang The Asian Banker Excellence in Retail Finance and Technology Innovation Awards 2024. Layanan Livin’ by Mandiri dinobatkan sebagai Best Personalisation Initiatives in Indonesia dan perseroan dianugerahi sebagai Best Data Analytics Implementation in Indonesia.
Penghargaan ini merupakan pengakuan atas upaya perseroan dalam mentransformasi layanan perbankan melalui teknologi digital.
Ke depan, Bank Mandiri akan terus berinovasi dan berinvestasi dalam teknologi untuk memberikan pengalaman terbaik bagi nasabah dan masyarakat.
Sunarto mengatakan, pengakuan internasional ini sekaligus menjadi esensi kerja keras dan konsistensi seluruh Mandirian dalam komitmennya menyediakan layanan serta produk terbaik bagi nasabah dan masyarakat.
“Penghargaan ini juga menjadi pengakuan dan kepercayaan dari stakeholder kami bahwa Bank Mandiri menghadirkan solusi keuangan terlengkap dan terbaik di Indonesia,” ujarnya.