Biaya Hidup di Eropa Semakin Mahal, Inflasi Tembus 9,1%

ANTARA FOTO/REUTERS/Louiza Vradi/aww/sad.
Ilustrasi. Zona euro mencatatkan inflasi mencapai 9,1% pada Agustus 2022.
Penulis: Agustiyanti
16/9/2022, 20.20 WIB

Kantor Statistik Uni Eropa mencatat, inflasi di zona euro mencetak rekor tertinggi mencapai 9,1% pada Agustus. Inflasi bulan lalu didorong oleh harga energi dan makanan yang masih naik secara tajam.

Inflasi harga konsumen di 19 negara yang menggunakan euro naik 0,6% secara bulanan atau 9,1% secara tahunan. Inflasi tahunan ini adalah yang ertinggi sejak euro diciptakan pada 1999. Angka hitungan cepat Eurostat pada akhir bulan lalu yang menyebutkan inflasi bulanan sebesar 0,5%, sedangkan inflasi tahunan sama yakni sebesar 9,1%.

Eurostat mencatat, harga energi yang lebih mahal akibat invasi Rusia dan Ukraina memberikan andil terhadap inflasi tahunan sebesar 3,9%, sedangkan harga makanan, alkohol, dan tembakau memberikan andil 2,25%. 

Inflasi inti yang tidak mencakup harga energi yang mudah menguap dan makanan yang tidak diproses juga tercatat naik dari 5,1% pada Juli menjadi 5,5%. Harga barang-barang industri naik 5,1% secara tahunan, sedangkan harga jasa naik 3,8%. 

Bank Sentral Eropa atau ECB yang menargetkan inflasi hanya sebesar 2% pada pekan lalu akhirnya menaikkan suku bunga hingga 75 bps, kenaikan yang belum pernah terjadi sebelumnya. Langkah agresif ECB ini diperkirakan masih akan berlanjut pada perteman sebelumnya karena bank sentral masih memproritaskan upaya untuk menekan inflasi di tengah resesi musim dingin dan penjatahan gas. 

Halaman: