Verifikasi dua langkah, two-factor authentication (2FA), adalah lapisan keamanan ekstra untuk akun beragam aplikasi digital. Fitur ini bekerja dengan meminta autentikasi atau verifikasi tambahan setelah pemilik akun memasukkan kata sandi.
Media sosial seperti Facebook, Instagram, dan Twitter, serta perangkat seperti Google sudah menerapkan metode penjaga keamanan ini.
Laporan Microsoft pada 2019, penggunaan metode ini berhasil menangkal 99,9 persen serangan digital yang mencoba menagakses akun data seseorang. Sehingga para peretas yang bisa mencuri, menduplikasi, atau memanipulasi kata sandi tetap tidak bisa mengakses akun pemilik karena harus memasukan kode tambahan yang biasanya diberikan ke platform terpisah.
Sementara itu data yang dihimpun Duo Labs, perusahaan riset di bawah Cisco, menemukan platform verifikasi dua langkah yang paling banyak digunakan adalah SMS, yang digunakan 85 persen respondennya, diikuti e-mail 74 persen, dan kode sandi yang dikirim ke gawai sebesar 44 persen.
Verifikasi dua langkah dioperasikan dengan memasukkan terlebih dahulu ke akun aplikasi, kemudian nantinya akan ada kode autentikasi yang dikirim ke platform lain, biasanya ke gawai lewat SMS, internet, ataupun push notification. Nantinya, kode autentikasi ini yang perlu dimasukkan untuk bisa masuk ke akun.