16 Rekomendasi Film Detektif Terbaik 2021

ANTARA FOTO/Candra Yanuarsyah/agr/hp.
Pengunjung menonton film di Cinema XXI Garut, Kabupaten Garut, Jawa Barat, Sabtu (12/12/2020). Pemerintah Kabupaten Garut mengizinkan bioskop kembali beroperasi dengan menerapkan protokol kesehatan COVID-19.
25/8/2021, 14.31 WIB

Menonton film menjadi hal menyenangkan ketika liburan atau dirumah saja. Terlebih ketika pandemi Covid-19, kita dianjurkan berada dirumah dan menjaga kesehatan. Salah satu genre atau aliran film menarik adalah misteri dan detektif. Film genre misteri ini dikemas menarik dimana ada pelaku kejahatan, detektif baik yang mengungkap kasus, dan plot cerita tak terduga. Berikut 16 rekomendasi film detektif terbaik 2021. 

Film genre detektif ini kebanyakan berhubungan dengan misteri pembunuhan seseorang. Sampai akhirnya karakter protagonis (karakter baik), berupaya menemukan penjahat atau pembunuh yang menjadi karakter antagonis (karakter jahat). Namun, di akhir film terkadang banyak beberapa adegan yang membuat penonton bertanya-tanya akhir kisah tersebut. Ada berbagai genre detektif selain misteri seperti thriller, psikologi, drama, komedi gelap, sampai horor.

Banyak film detektif populer yang ditayangkan di bioskop. Beberapa film diangkat dari novel misteri terkenal. Contohnya saja adaptasi film Sherlock Holmes dari novel berjudul sama karya Arthur Conan Doyle.  Novel tentang Sherlock Holmes pertama kali muncul di media cetak. Cerita berjudul A Study in Scarlet dirilis tahun 1887. Kemudian cerita tersebut menyebar menjadi cerita pendek di beberapa majalah. Novel selanjutnya  berjudul "A Scandal in Bohemia" pada tahun 1891, menambah populer cerita Sherlock Holmes. Kemudian cerita tambahan muncul dari saat itu sampai 1927. Selain itu ada film adaptasi dari novel detektif karya Agatha Christie.

Sekarang ini kemudahan teknologi membuat situs streaming dan aplikasi nonton film berbayar menjadi diminati. Beberapa situs streaming legal dan berbayar seperti Netflix, Amazon Prime, sampai Hulu menyajikan film detektif. Pengguna tinggal menonton di rumah melalui ponsel, tablet, sampai televisi. Tanpa perlu pergi ke bioskop. Selain itu, penyedia jasa seperti Google dan Apple memberikan fasilitas sewa film untuk menonton film detektif.

Menonton film tentang kriminal, detektif, dan misteri pembunuhan terkadang memamang menakutkan. Apalagi jika mendengarkan kisah tentang kekerasan dan teror yang terlihat melalui film. Namun, film detektif dan misteri ternyata menjadi populer di industri hiburan. Beberapa situs streaming banyak memberikan penonton film dengan genre tersebut. Kebanyakan adalah kisah kegelapan dan kejahatan banyak ditonton.

Manfaat Menonton Film Misteri

Ternyata, menonton film detektif dan misteri bermanfaat bagi penonton secara mental dan fisik. Manfaat menonton film misteri dan detektif hampir sama ketika membaca novel dengan genre serupa. Berikut beberapa manfaat menonton film misteri dan detektif:

1. Memacu adrenalin

Menonton film detektif terkadang berhubungan dengan pembunuhan, kriminal, dan tindak kejahatan. Ternyata film genre ini dapat memicu adrenalin, seperti ketika sedang berolahraga mendaki gunung. Ketika menonton film yang menegangkan, akan memicu ketakutan. Hormon adrenalin dihasilkan tubuh ketika sedang stress. Hormon ini memiliki peran penting untuk menjaga fungsi dan organ tubuh.

2. Pikiran dan Imajinasi Terlibat

Menonton film detektif yang berhubungan dengan kriminal, dapat memicu kegembiraan. Film menegangkan memicu imajinasi untuk berpikir dan mencari pemecahan. Film misteri dapat merangsang otak untuk berpikir.

3. Mempertajam Naluri

Menonton film detektif dan kejahatan dapat mempertajam naluri untuk bertahan hidup. Contohnya saja sejak anak-anak Anda melatih naluri untuk bertahan hidup dan mengatasi ketakutan di lingkungan. Film genre kriminal ini selain untuk hiburan juga mempertajam naluri dan bahaya yang bisa saja mengintai di sekitar.

4. Mengatasi Ketakutan

Menonton film misteri yang memperlihatkan adegan kekerasan terasa menakutkan. Namun, film-film tersebut mengatasi ketakutan dan melatih diri menghadapi situasi ketika bahaya mengancam.

5. Berolahraga

Ternyata menonton film detektif dan misteri selama 90 menit, bisa memompa adrenalin. Tanpa disadari, penonton menghabiskan 113 kalori menonton film tersebut. Dari artikel The Telegraph, jumlah kalori yang dikeluarkan sama dengan setengah jam berjalan kaki atau setara 1 batang coklat.

Rekomendasi Film Detektif dan Misteri

Film genre detektif dan misteri disukai pecinta film selama beberapa dekade. Beberapa film detektif sampai meraih nominasi penghargaan. Berikut Berikut beberapa rekomendasi film detektif dan misteri:

1. Black Coffee (1931)

Black Coffee merupakan film genre detektif dan misteri yang diadaptasi dari novel Agatha Christie. Agatha Christie adalah novelis kriminal terkenal yang menerbitkan berbagai novel misteri. Rentang tahun 1924 sampai 1976, Agatha Christie menerbitkan lebih dari 125 karya tertulis. Sebanyak 74 novel karyanya masuk dalam penulis fiksi terlaris kedua setelah William Shakespeare.

Black Coffee diproduksi oleh Twickenham Studios, yang dirilis tahun 1931. Film ini dibintangi oleh Austin Trevor sebagai Hercule Poirot. Film tersebut menceritakan tentang teman Poirot, Arthur Hastings. Cerita bermula ketika Arthur menemukan formula rahasia yang sedang dikerjakan sebagai proyek penelitian bersama. Namun, ada kejadian pembunuhan yang melibatkan Hercule Poirot.

2. Clue (1985)

Film yang dirilis tahun 1985 ini bergenre komedi dan misteri. Film Clue menceritakan tentang permainan papan ikonik yang berujung pembunuhan. Awal film menceritakan sekelompok tamu yang sedang bepesta ketika makan malam. Akhirnya mereka bersatu mencari petunjuk siapa yang membunuh tuan rumah.

Halaman: