Urutan Nonton Film The Matrix, Menguak Kenyataan dan Dunia Lain

IMDB
Ilustrasi, poster film The Matrix: Ressurection.
Penulis: Ghina Aulia
Editor: Agung
22/9/2022, 15.12 WIB

The Matrix merupakan film waralaba kembangan Warner Bros. Serial film ini bergenre Sci-Fi dan pertama kali tayang pada 31 Maret tahun 1999. Film ini disutradarai oleh Andy Wachowski dan Lana Wachowski.

Pemeran utamanya adalah Keanu Reeves. Pada film perdana The Matrix yang dirilis 1999 silam, ia beradu akting dengan Laurence Fishburne, Carrie-Anne Moss dan Hugo Weaving.

Diketahui bahwa awal produksi, film ini diperkirakan tidak begitu booming. Namun, ternyata justru mendapatkan keuntungan yang fantastis dari dalam maupun luar negeri. Di Amerika Serikat (AS) saja, mereka meraup keunutngan sebesar US$ 171 juta. Secara keseluruhan, film ini mampu meraup US$ 467,2 juta dari budget produksi sebesar US$ 63 juta.

Mengacu pada antusias penonton yang tak disangka-sangka tersebut, Warner Bros memutuskan untuk melanjutkan The Matrix. Benar saja, setelah itu hadirlah The Matrix Reloaded, dan The Matrix Revolutions, serta yang paling baru adalah The Matrix Ressurections.

Maka dari itu, ulasan berikut ini akan menjelaskan mengenai urutan nonton film The Matrix, serta sinopsis singkatnya, yang dilansir dari Baca Terus:, agar Anda dapat dengan mudah memahami alur cerita.

1. The Matrix (1999)

Film ini merupakan penentu apakah aka nada sekuel selanjutnya atau tidak. Wachouwski bersaudara disinyalir memang ingin membuat trilogi dari The Matrix, namun pihak yang memproduksi juga mempertimbangkan hasil dari film perdana ini. Kabar baiknya, The Matrix meledak di pasaran.

Melansir dari Kearipan, film ini menceritakan tentang tokoh utama bernama Neo yang terbangun dari simulasi realitas di akhir tahun 1990-an. Selain itu, juga ada Trinity dan Morpheus.

Cerita berawal ketika Neo merupakan seorang hacker, dimana ia merasa ada yang aneh dari komputer miliknya. Sayangnya, Neo justru tertangkap oleh agen.

Ia menjalani simulasi realitas ketika Morpheus menawarinya pil biru atau pil merah. Dimana apabila mengonsumsi pil biru, Neo akan kembali ke titik awal kehidupannya. Ternyata Neo memilih pil merah, dimana ia akan mengetahui seluk beluk dunia Matrix.

Morpheus menuntun dan mengajarkan banyak hal kepada Neo untuk memperkuat dirinya ketika masuk ke dunia Matrix. Disana mereka bertemu Oracle yang merupakan peramal. Naasnya, setelah beberapa kejadian yang dilewati, Morpheus malah tertangkap oleh agen.

Karena hal itu, Neo dan Trinity langsung turun tangan untuk menyelamatkan rekannya itu. Mereka masuk ke dunia Matrix hingga Morpheus dan Trinity berhasil keluar dari dunia itu. Namun tidak dengan Neo.

Untuk kelanjutan nasib Neo yang tertinggal sendirian di dunia Matrix, sebaiknya Anda menonton film ini secara langsung. Karena pengalaman membaca sinopsis dan menonton tentu akan sangat berbeda.

2. The Matrix Reloaded (2003)

Setelah cerita berakhir di film pertama, Agen Smith bukan bagian dari agen, melainkan virus dalam sistem Matrix. Sebagai virus, ia memiliki kekuatan baru, yaitu menduplikasi dirinya sendiri.

Di lain sisi, pemimpin perlawanan manusia terhadap mesin, yakni Commander Lock, mengumpulkan semua kapal untuk pertahanan yang lebih kuat. Demikian dengan Nebuchadnezzar yang pergi dengan iringan dua kapal.

Selain itu, Oracle juga merupakan bagian dari program Matrix. Maka dari itu, Oracle sendiri meminta Neo menguak sumber Matrix.

Diketahui bahwa Neo membutuhkan Keymaker untuk mencapai sumber matrix. Lalu bersama Morpheus dan Trinity, mereka menyambangi Merovingian, sang penguasa arus informasi di sistem Matrix, untuk menemukan Keymaker.

Ketiganya berhasil menemukan Keymaker dan berupaya mencapai sumber Matrix, tentu dengan bantuan kru kapal lainnya. Mereka berusaha untuk menghancurkan pembangkit listrik dan mengawal Keymaker.

3. The Matrix Revolutions (2003)

Film ini berlatas pasca konflik The Matrix Reloaded berakhir. The Matrix Revolutions digarap Warner Bros. bersama dengan Village Roadshow Pictures dan NPV Entertainment.

Di awal film ini, Neo terbaring dan dirawat oleh kru kapal yang dipimpin Roland. Dalam kapal tersebut, juga ada kru kapal Caduceus yang hancur, bernama Bane.

Neo diceritakan tersesat di dunia Matrix. Tepatnya, ia berada di stasiun yang merupakan tempat di antara dunia Matrix dan dunia nyata. Untungnya Neo dapat keluar dari dunia Matrix, karena Trinity dan Morpheus memaksa Merovingian untuk mengeluarkannya.

Neo kemudian dijemput oleh Trinity untuk bertemu Oracle. Ia dibertitahu, bahwa Agen Smith berniat untuk menghancurkan dunia, baik Matrix dan dunia nyata.

Di saat yang sama, kekacuan melanda Zion, kota terakhir umat manusia, karena mesin akhirnya berhasil mendeteksi kota ini dan menyerangnya. Di tengah keterbatasan senjata, para perajurit Zion harus menahan serbuan sentinel (pasukan mesin). Kejadian inilah yang membuat mereka merasa keadaan menuju akhir kehidupan di dunia.

4. The Matrix Ressurections (2021)

Merupakan serial film terbaru, film waralaba ini disutradarai oleh Lana Wachowski tanpa saudaranya. Selain itu, Warner Bros. tak lagi turun tangan dalam proses produksinya. Melainkan hanya Village Roadshow Pictures.

Walaupun demikian, Keanu Reeves masih setia memerankan sosok Neo atau Thomas Anderson. Ia kembali beradu akting dengan Carrie-Anne Moss. Selain itu, juga ada Yahya Abdul-Mateen II.

Pada film ini, Neo kembali hidup normal sebagai pembuat video game dengan nama The Matrix. Selain itu, ia juga merasa kesulitan membedakan pil warna merah dan biru, hingga memutuskan berobat ke psikiater secara rutin.

Diketahui bahwa Neo kerap menggunakan konsep Matrix untuk membuat video game miliknya. Namun, akhirnya ia kembali bertemu Smith yang sebelumnya adalah seorang agen.
Setelah itu, Neo disadarkan oleh Smith bahwa dirinya berada di dunia simulasi buatan Smith. Dari kejadian itu, Morpheus kembalikan pilihan dua warna pil, yakni biru atau merah.

Demikianlah penjelasan mengenai urutan nonton film The Matrix secara runtut. Film ini memiliki trilogi yang cukup singkat dan tak memiliki tambahan spin off atau sebagainya. Selain itu, juga ada The Animatrix, yakni serial The Matrix yang berupa anime.