Jadwal Kepulangan Jemaah Haji Indonesia 2024 Tiap Kloter

ANTARA FOTO/Aloysius Jarot Nugroho/Spt.
Jamaah calon haji kloter satu berada di dalam bus saat pemberangkatan di Asrama Haji Donohudan, Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (12/4/2024). Jamaah calon haji yang tergabung dalam kloter satu asal Kabupaten Temanggung itu diberangkatkan ke Arab Saudi untuk menjalankan Ibadah Haji 2024.
Penulis: Ghina Aulia
Editor: Safrezi
20/5/2024, 18.24 WIB

Keberangkatan jemaah haji Indonesia kloter pertama dilaksanakan pada pertengahan Juni 2024. Seperti biasa, pemberangkatan dilakukan secara berkala hingga bulan Juni mendatang.

Ibadah Haji berlangsung selama 40 hari dari sebelum hingga sesudah Hari Raya Kurban. Diketahui bahwa Idul Adha jatuh pada tanggal 16-17 Juni 2024.

Haji merupakan ibadah wajib bersyarat bagi umat Islam. Hal ini mengacu pada kemampuan yang diukur dengan biaya dan akomodasi dari Tanah Air ke Tanah Suci.

Meski demikian, ibadah ini tetap marak digandrungi. Hal ini terbukti dari daftar antri haji yang bertambah setiap tahunnya. Untuk haji reguler, pemberangkatan 5-9 tahun. Bagi Anda yang memiliki biaya berlebih, bisa memilih haji plus atau furoda.

Haji plus dan furoda memiliki keunggulan dari singkatnya waktu tunggu. Kuota haji plus disediakan oleh pemerintah Indonesia. Sementara furoda secara khusus dibuka oleh pemerintah Arab Saudi.

Ada pun yang menjadi pembahasan kami kali ini yaitu jadwal kepulangan jemaah haji Indonesia 2024. Selengkapnya, simak tulisan berikut ini.

Jadwal Kepulangan Jemaah Haji Indonesia 2024

Sama dengan keberangkatan, jadwal kepulangan jemaah haji Indonesia 2024 juga dibagi berdasarkan kloter. Berikut daftarnya:

· 16-27 Dzulhijjah 1445 / 22 Juni-03 Juli 2024: Kepulangan Jemaah Haji Gelombang I dari Jeddah ke Indonesia
· 16 Dzulhijjah 1445 / 22 Juni 2024: Awal Kedatangan Jemaah Haji Gelombang I di Indonesia
· 20 Dzulhijjah 1445-07 Muharram 1446 / 26 Juni-13 Juli 2024: Pemberangkatan Jemaah Haji Gelombang II dari Makkah ke Madinah
· 28 Dzulhijjah 1445-15 Muharram 1446 / 04-21 Juli 2024: Pemulangan Jemaah Haji Gel. II dari Madinah ke Indonesia
· 01 Muharram 1446 / 07 Juli 2024: Tahun Baru Hijriah
· 16 Muharram 1446 / 22 Juli 2024: Akhir kedatangan Jemaah Haji Gel. II di Indonesia.

Ucapan Selamat Menunaikan Ibadah Haji 2024

Selain menantikan kepulangan, Anda juga bisa menyampaikan selamat dan rasa syukur atas berangkat hajinya orang terdekat. Caranya yaitu dengan mengirim pesan hangat sebagaimana contoh berikut ini.

1. Saat kita merenungkan pentingnya haji, marilah kita bersyukur atas berkat yang tak terhitung jumlahnya dalam hidup kita. Semoga jamaah yang berangkat dapat menjadi pengingat untuk menghargai mukjizat kecil dan berkah berlimpah yang mengelilingi kita.

2. Mari kita luangkan waktu sejenak untuk mengungkapkan rasa syukur karena telah menjadi bagian dari umat Islam dan atas kesempatan untuk menyaksikan tradisi suci haji. Semoga Allah memberkati kita dengan semangat syukur dan kepuasan.

3. Selama musim haji ini, mari kita merenungkan karunia iman kita dan mengungkapkan rasa syukur atas kesempatan untuk menyaksikan ritual suci. Semoga ibadah ini menginspirasi kita untuk menjalani kehidupan yang penuh dengan rasa syukur dan pengabdian.

4. Ketika jutaan Muslim memulai perjalanan haji, mari kita berdoa untuk perdamaian dan persatuan di antara bangsa-bangsa. Semoga ziarah ini menjadi katalisator untuk perubahan positif dan dunia di mana cinta dan kasih sayang menang.

5. Semoga langkah kaki Anda di tanah suci Mekah mengarah pada kebangkitan spiritual yang mendalam dan rasa kepuasan yang mendalam. Semoga Anda mendapatkan haji yang melebihi semua harapan.

6. Dengan menyebut nama Allah, semoga ibadah haji yang Saudara lakukan dicatat sebagai amal kebaikan yang bermanfaat kelak di Yaumul Akhir. Selamat menunaikan ibadah haji.

7. Habiskanlah waktumu selama di Makkah untuk berdoa dan memohon ampun kepada Allah SWT, semoga senantiasa Allah bimbing langkahmu menuju keberkahan-Nya di dunia dan akhirat.

8. Selamat haji. Semoga Allah menerima hajimu, semoga Allah mengampuni dosamu dan memberi ganti untuk biaya perjalananmu.

9. Bismillahirrahmanirrahim. Semoga Allah menerima ibadah hajimu. Selamat menunaikan ibadah haji kawanku. Labaik Allāhumma Labaik!

10. Selamat berhaji, Saudaraku. Tetaplah beristikamah di jalan Allah.

11. Selamat menunaikan ibadah haji, semoga ibadah hajimu diterima di sisi Allah. Mohon doa agar kami dapat segera menyusul beribadah haji ke Baitullah.

12. Selamat menunaikan ibadah haji, semoga menjadi haji yang mabrur/mabruroh dan sehat walafiat.

13. Semoga kamu kembali dalam keadaan lebih baik dari segi iman setelah menunaikan ibadah haji tahun ini.

14. Untuk semua jamaah haji, dekat dan jauh, semoga Allah memberkati haji Anda dengan kedamaian, harmoni, dan hubungan spiritual yang mendalam. Semoga perjalanan Anda memperkuat umat kita dan membawa persatuan di antara semua Muslim. Haji Mubarak!

15. Semoga semua saudara dan saudari kita haji yang diberkati dipenuhi dengan ketenangan, pencerahan, dan kegembiraan mencari ridha Allah. Semoga ziarah ini membawa kita semua lebih dekat kepada-Nya. Haji Mubarak!

Itulah pembahasan tentang jadwal kepulangan jemaah haji Indonesia 2024. Selain menantikan kepulangan orang terdekat, jangan lupa senantiasa mendoakan keselamatannya.