10 Tips Makan Mie Instan agar Tidak Gemuk dan Tetap Sehat

Pexels
Ilustrasi, mie instan.
Editor: Agung
14/6/2023, 09.42 WIB

Mie instan merupakan makanan yang dapat membuat berat badan menjadi naik. Jika berat badan terus menerus naik, akan menyebabkan bobot tubuh menjadi berlebihan, sehingga mengarah kepada obesitas dan badan menjadi kurang sehat.

Berkaitan dengan itu, Jika Anda masih takut gemuk karena makan mie instan, menarik untuk membahas tips makan mie instan agar tidak membuat gemuk dan menjaga tubuh tetap sehat.

Dugaan bahwa mie instan dapat menyebabkan badan gemuk adalah karena mengandung karbohidrat dan natrium tinggi di dalamnya. 

Mie terbuat dari tepung terigu atau tepung gandum. Dalam satu porsi mie instan memiliki antara 188 hingga 370 kilo kalori (kkal). Sementara tubuh orang dewasa umumnya membutuhkan 2.100 hingga 2.500 kalori per hari.

Tips Makan Mie Instan agar Tidak Gemuk

Mie instan tetap dapat dikonsumsi dan tidak menyebabkan badan gemuk. Untuk mengonsumsinya agar tetap aman bagi tubuh, simak ulasan berikut.

1. Berolahraga

Makan mie instan merupakan aktivitas yang membuat tubuh memperoleh karbohidrat yang tinggi. Imbangi konsumsi mie instan dengan olahraga yang teratur.

Olahraga membantu proses metabolisme agar berjalan dengan baik. Tak hanya itu, olahraga juga membantu membakar lemak sehingga berat badan pun menjadi ideal.

2. Tidak Makan Mie Instan Bersama Nasi

Mie instan memiliki salah satu kandungan nutrisi yang tinggi yakni karbohidrat. Hal ini selaras dengan kandungan yang ada pada nasi.

Terdapat bahaya makan mie instan dengan nasi yang wajib diperhatikan. Jika mie instan dikonsumsi bersama nasi, maka konsumsi karbohidrat pun menjadi sangat tinggi. Dua makanan ini tak hanya memiliki karbohidrat yang tinggi tetapi juga kalori yang tinggi.

Berat badan tubuh lebih mudah naik jika menggabungkan dua jenis makanan tersebut. Oleh sebab itu, tips makan mie instan agar tidak gemuk yang pertama adalah tidak mengonsumsi kedua makanan ini secara bersamaan dan dalam waktu yang berdekatan.

Tips Makan Mie Instan agar Tidak Gemuk (Pexels)
 

3. Batasi Konsumsi Mie Instan

Tips makan mie instan agar tidak gemuk yang cukup mendasar adalah mengurangi asupannya. Konsumsi mie instan yang berlebihan dapat berdampak terhadap kesehatan dan berat tubuh.

Konsumsi mie instan pada kadar ideal adalah satu atau dua minggu sekali saja. Imbangi dengan buah dan sayur agar tubuh memperoleh nutrisi yang seimbang.

4. Kurangi Bumbu Mie Instan

Tips makan mie instan agar tidak gemuk yang kedua yakni dengan mengurangi bumbunya. Bumbu mie instan merupakan faktor utama nikmatnya mie instan.

Agar tingkat kecanduan mie instan menurun, maka berikan bumbu setengah atau seperempat saja. Rasa gurih mie instan pun tetap ada tetapi sekaligus menurunkan nafsu makan.

Jika ingin membuat rasanya tetap nikmat, tambahkan kecap asin atau sambal. Selain itu, tambahkan juga sambal atau bawang agar lebih nikmat.

5. Tambahkan Sayuran

Menambahkan sayuran pada mie instan tidak hanya mengurangi porsi makan mie sehingga tidak menggemukkan, tetapi juga menyehatkan. Sayur mengandung berbagai macam nutrisi yang diperlukan untuk menjaga kesehatan tubuh.

Sayuran yang dapat ditambahkan yakni sawi, bayam, pakcoy, dan lain sebagainya. Rebus sayur tersebut hingga matang dan tambahkan ke mie instan tersebut.

6. Tambahkan Makanan yang Mengandung Protein

Adapun tips makan mie instan agar tidak gemuk berikutnya adalah dengan menambahkan makanan sumber protein. Makanan tersebut contohnya telur rebus, sapi, ayam, daging, ikan, dan lain sebagainya.

 

Tips Makan Mie Instan agar Tidak Gemuk (Pexels)
 

 

7. Kurangi Konsumsi Mie di Malam Hari

Tips makan mie instan agar tidak gemuk yang berikutnya adalah tidak mengonsumsinya pada malam hari. Makan mie di malam hari kurang diperbolehkan karena justru akan membuat penumpukkan karbohidrat karena tubuh akan langsung tidur setelahnya.

8. Mengonsumsi Air Putih Setelah Makan Mie Instan

Tips makan mie instan agar tidak gemuk selanjutnya adalah dengan mengonsumsi air putih setelah memakannya. Mie instan adalah makanan yang sulit dicerna tubuh karena seratnya sedikit.

Untuk membantu agar mie instan dapat dicerna dengan cepat, konsumsi air putih dapat menjadi solusinya. Selain itu, air putih juga membantu sistem pencernaan mempercepat proses penyerapan tubuh.

9. Pilihlah Jenis Mie Instan Rendah Kalori

Mie instan yang rendah kalori sudah tersedia di berbagai toko kelontong. Harga dan lokasi yang terjangkau ini memudahkan penikmat mie untuk mengonsumsinya dengan tetap menjaga kesehatan.

Mie instan bermerek Indomie rasa ayam bawang dan ayam spesial merupakan mie instan dengan kalori yang rendah. Kalori yang terdapat dalam mie instan tersebut adalah 300 kalori saja.

Tips Makan Mie Instan agar Tidak Gemuk (Pexels)
 

10. Ganti Bumbu Mie Instan

Tips makan mie instan agar tidak gemuk lainnya yakni dengan mengganti bumbunya. Bumbu mie instan merupakan faktor utama nikmatnya mie instan. Namun jika terlalu kecanduan, maka akan kesulitan menghentikan konsumsi mie instan.

Salah satu cara menguranginya adalah membuat bumbu sendiri. Buatlah bumbu dengan garam, penyedap, kecap, dan lain sebagainya.

Tambahkan pula beberapa sayuran dan makanan yang mengandung protein agar semakin nikmat. Hindari pula makan mie instan secara berlebihan.

Itulah beberapa tips makan mie instan agar tidak gemuk dan menjaga tubuh dengan sehat.