Harga Tepung dan Gandum Melonjak, Harga Mie Instan Belum Tentu Naik

Andi M. Arief
12 Agustus 2022, 13:53
mie instan, gandum
Twitter Indomie @indomielovers
Tampilan mie instan.

Harga tepung terigu pada semester II-2022 diperkirakan akan naik akibat melonjaknya harga gandum. Namun, tidak semua produk berbasis terigu seperti mie instan bakal terkerek harganya pada paruh kedua 2022.

Berdasarkan data Asosiasi Produsen Tepung Terigu Indonesia atau Aptindo, harga gandum per Agustus 2022 naik 76% dibandingkan awal 2021. Namun, harga tepung terigu baru naik sekitar 32% dalam periode yang sama.

Direktur Eksekutif Aptindo Ratna Sari Loppies mengatakan ruang untuk menaikkan harga jual kepada masyarakat maupun industri pengguna tepung masih cukup besar. Namun, Aptindo mencatat pasokan gandum di dalam negeri masih mencukupi.

"Sehingga bilapun harga naik, kenaikannya gradual, jadi tidak memberatkan konsumen dan industri," kata Ratna Sari Loppies kepada Katadata.co.id, Jumat (12/8).

Pasokan gandum dari Ukraina dan Rusia saat ini perlahan masuk ke pasar ekspor internasional. Namun, harga gandum malah meningkat karena biaya logistik yang tinggi.

International Grains Council atau IGC mencatat harga gandum asal Amerika Serikat dengan spesifikasi kandungan protein kurang dari 11,5% adalah US$ 374 per ton pada 9 Agustus 2022. IGC menghitung angka tersebut hanya lebih tinggi 17% dari realisasi periode yang sama tahun lalu senilai US$ 318 per ton

Adapun harga logistik gandum ke dalam negeri telah menembus US$ 50 per ton menjadi US$ 51 per ton pada Januari 2022. Artinya, biaya logistik gandum naik lebih dari dua kali lipat dibandingkan data Januari 2021 senilai US$ 24 per ton.

Untuk menekan harga logistik, Ratna mengatakan industri penggilingan gandum mengganti pemasok utama gandum menjadi Australia sejak 2021. Tahun lalu, Australia menjadi pemasok gandum utama untuk Indonesia, yakni sebanyak 4,69 juta ton atau 40,87% dari total impor gandum 2021 sebanyak 11,48 juta ton.

Halaman:
Reporter: Andi M. Arief
Editor: Yuliawati
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...