7 Ide Jualan Makanan Rumahan yang Menjanjikan

Freepik
Ilustrasi, pelaku usaha makanan rumahan.
Editor: Agung
7/5/2024, 14.40 WIB

Dalam beberapa tahun terakhir, jumlah pelaku usaha di bidang kuliner semakin bertambah. Pasalnya, makanan merupakan kebutuuhan pokok yang selalu dicari setiap saat sehingga memiliki pangsa pasar yang luar.

Hal inilah yang membuat bisnis kuliner menjadi salah satu pilihan bidang usaha yang menjanjikan. Selain itu, dengan strategi yang tepat, bisnis makanan juga bisa menjadi ladang yang mendatangkan untung besar.

Bila juga tertarik untuk memulai usaha makanan, Anda bisa mencoba bisnis makanan rumahan dimana beberapa diantaranya bisa Anda buat sendiri.

Lantas, apa saja makanan rumahan yang bisa dijual? Simak penjelasannya dalam ulasan berikut ini.

Ide Jualan Makanan Rumahan

Berikut ini delapan ide jualan makanan rumahan yang bisa dicoba.

1. Rice Bowl

Ide Jualan Makanan Rumahan(Unsplash)

Ide jualan makanan rumahan yang pertama yaitu rice bowl rumahan yang banyak dicari oleh masyarakat, terutama oleh anak muda. Hal inilah yang membuat makanan ini bisa menjadi ladang bisnis yang menguntungkan

Rice bowl sendiri adalah makanan yang disajikan dalam mangkuk yang terdiri dari nasi, lauk-pauk dan sayur-sayuran. Makanan ini praktis dibawa kemana-mana dengan isian yang cukup bergizi dan mengenyangkan.

Beberapa varian menu rice bowl di antaranya yaitu ayam geprek, bee gyudon, dan daging ayam atau sapi lada hitam.

2. Aneka Keripik

Ide Jualan Makanan Rumahan (Go Travelly)

Ide jualan makanan yang layak untuk dicoba berikutnya adalah aneka keripik, baik itu keripik yang asin maupun yang manis. Ini merupakan camilan yang sangat disukai masyarakat Indonesia karena memiliki tekstur yang renyah sehingga sangat cocok disatukan dengan rasa asin maupun manis.

Dulu, makanan ini hanya memiliki varian berupa keripik singkong atau kentang yang dan keripik pisang yang manis. Namun saat ini, sudah banyak keripik yang rasanya ditambah dengan buah-buahan, sayur-sayuran, dan lain-lain.

Untuk menjual aneka keripik ini, Anda bisa melakukannya dengan mudah yaitu dengan memasarkannya di media sosial dan e-commerce sehingga tidak perlu menyewa kios.

3. Tteokbokki

Ide Jualan Makanan (Freepik)

Kerap ditampilkan dalam drama Korea Selatan, tteokbokki menjadi salah satu makanan kekinian yang populer dan banyak dicari oleh pecinta Kdrama dan K-pop. Jajanan ini sendiri pada dasarnya adalah kue beras yang memiliki bentuk menyerupai sosis dengan diameter kurang dari 1 centimeter yang dimasak dengan menggunakan saus gochujang khas Korea.

Kepopuleran jajanan ini bisa Anda jadikan ide jualan makanan kekinian yang menguntungkan. Pembuatannya pun juga cukup mudah karena saat ini sudah banyak perusahaan frozen food yang menyediakan tteokbokki instan. Dengan demikian, Anda hanya perlu mengolahnya dengan menggunakan saus khas Korea dan berbagai bumbu pelengkap lainnya.

4. Dessert Box

Ide Jualan Makanan Rumahan (Shutterstock)

Berikutnya ada dessert box yang bisa dijadikan ide jualan makanan rumahan yang menguntungkan. Bisnis makanan  satu ini memiliki banyak peminat dikarenakan banyak orang menyukai makanan yang manis-manis. Selain itu, dessert box mempunyai daya tahan lama, selama Anda menyimpannya di freezer.

Agar dessert box jualan laris manis, Anda perlu menawarkannya dalam berbagai pilihan rasa. Selain itu, pertimbangkan untuk menggunakan sistem pre-order. Dengan skema tersebut, Anda dapat meminimalkan kerugian dan sekaligus memetakan selera konsumen. 

5. Salad Buah

Ide Jualan Makanan Rumahan (Pinterest)

Berikutnya, Anda bisa memilih berjualan salad buah sebagai ide jualan makanan yang menguntungkan. Pasalnya, Makanan satu ini banyak dicari masyarakat Indonesia karena dapat memenuhi perut dan juga menyegarkan. 

Tidak hanya dijual secara langsung di toko fisik, salad buah juga bisa dijual secara online, baik melalui e-commerce, media sosial, dan juga jasa pengiriman.

Agar tidak mudah busuk, pastikan kemasan yang digunakan untuk membungkus salad buah yang akan dijual itu dapat tertutup rapat dan juga rapi.

Selain itu, pastikan juga buah yang digunakan sebagai bahan bakunya adalah buah yang masih segar. Jangan sampai bungkusnya saja tertutup rapat tapi buahnya tidak segar.

6. Donat Kepang

Ide Jualan Makanan Rumahan (Shutterstock)

Ide jualan makanan rumahan berikutnya yaitu donat kepang ala Korea. Makanan ini sendiri memiliiki banyak peminat dikarenakan memiliki bentuk yang unik.

Tidak hanya bisa menjadi bisnis makanan rumahan cukup menjanjikan, donat kepang ala Korea ini juga bisa mendatangkan keuntungan yang cukup banyak kepada para pelaku usahanya.

Makanan ini sendiri biasanya dijual secara langsung. Namun Anda juga bisa menjualnya secara online.

7. Toast

Ide Jualan Makanan Rumahan (Freepik)

Ide jualan makanan rumahan yang terakhir yaitu toast atau roti panggang yang saat ini memiliki peminat yang banyak di Indonesia.  Perpaduan roti panggang dengan topping seperti selai, keju, sayur, telur hingga daging akan memberikan cita rasa lezat untuk setiap orang yang memakannya.

Dengan berbagai pilihan rasa dari toast, banyak anak remaja yang menyukai makanan ini karena dapat mengenyangkan perut dan memiliki cita rasa yang lezat.

Itulah rangkuman tujuh ide jualan makanan rumahan yang layak dicoba. Ketujuh makanan rumahan ini bisa Anda jadikan ladang bisnis yang menjajikan karena berpotensi mendatangkan untung besar.