10 Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa, Wajib Masuk Watchlist

Tix.id
Sinopsis Ipar Adalah Maut
Penulis: Tifani
Editor: Safrezi
5/8/2024, 21.32 WIB

Film Indonesia besutan para sineas Tanah Air mengalami pertumbuhan yang signifikan dalam beberapa tahun terakhir. Hal ini ditandai dengan semakin banyaknya film-film berkualitas yang berhasil menarik minat penonton.

Salah satu indikator kesuksesan sebuah film adalah jumlah penonton atau pendapatan Box Office. Bahkan, beberapa film Indonesia dinobatkan sebagai film Indoensia terlaris sepanjang masa.

Film Indonesia Terlaris Sepanjang Masa

Film Ipar Adalah Maut yang dirilis pada 2024 menorehkan rekor baru setelah resmi masuk daftar 10 besar film Indonesia terlaris sepanjang masa. Capaian itu dihasilkan usai film yang dirilis pada 13 Juni 2024 itu mendapatkan 4,7 juta penonton hingga awal Juli 2024.

Film garapan Hanung Bramantyo itu menggeser Laskar Pelangi (2008) yang telah menempati 10 besar selama lebih dari 15 tahun. Ipar Adalah Maut sekarang bersanding dengan film-film lain dalam daftar 10 besar film Indonesia terlaris sepanjang masa, seperti KKN di Desa Penari (2022) yang menempati posisi teratas dengan 10,06 juta penonton.

Berikut daftar film Indonesia terlaris sepanjang masa.

1. KKN di Desa Penari (2022)

Film horor KKN di Desa Penari memegang rekor sebagai film Indonesia terlaris sepanjang masa selama tayang di bioskop. Film yang diadaptasi dari sebuah utas yang viral di media sosial itu mencetak 10.061.033 penonton.

KKN di Desa Penari bercerita tentang perjalanan mistis sekelompok mahasiswa yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) di Desa Penari. Tugas kampus itu berujung pengalaman mengerikan dan berakhir tragis bagi para peserta KKN.

2. Agak Laen (2024)

Agak Laen (IMDb)
 

Film Agak Laen menempati peringkat kedua dalam daftar film Indonesia terlaris sepanjang masa. Film horor komedi ini mendapatkan 9.125.188 juta penonton sejak dirilis 1 Februari 2024 lalu.

Film Agak Laen engisahkan perjalanan empat sahabat mendapat cuan besar usai membangun rumah hantu di pasar malam. Namun, rumah hantu itu menyimpan masalah karena menjadi TKP kematian seorang anggota DPR.

Di luar dugaan, arwah si korban malah gentayangan dan membuat rumah hantunya jadi seram dan ramai pengunjung. Ketika polisi mulai menyelidiki, mereka terpaksa melakukan berbagai persekongkolan konyol untuk menutupi kejadian sebenarnya.

3. Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 (2016)

Film Indonesia terlaris sepanjang masa selanjutnya adalah Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1. Film adaptasi dari serial lawas Warkop DKI ini menempati posisi ketiga film terlaris sepanjang masa dengan 6.858.616 penonton.

Warkop DKI Reborn: Jangkrik Boss! Part 1 mengisahkan lika-liku tiga petugas keamanan CHIIPS bernama Dono, Kasino, dan Indro. Mereka harus menjaga keamanan warga meski kerap membuat jengkel atasan mereka.

4. Pengabdi Setan 2: Communion (2022)

Pengabdi Setan 2: Communion merupakan sekuel dari film Pengabdi Setan (2017). Film karya sutradara Joko Anwar ini mencetak 6.391.982 penonton sekaligus menjadi film terlarisnya.

Film Pengabdi Setan 2: Communion melanjutkan perjalanan Rini Suwono bersama ayah dan adik-adiknya yang pindah ke sebuah rusun. Namun, teror dari hantu dan Ibu alias Mawarni Suwono ternyata masih menjadi ancaman bagi keluarga Suwono.

5. Dilan 1990 (2018)

Dilan 1990 menjadi film Indonesia terlaris sepanjang masa selanjutnya. Film yang dibintangi Iqbal Ramadhan ini meraih 6.315.664 penonton.

Film ini sekaligus menjadi rilisan terlaris dari waralaba Dilan. Film adaptasi novel Pidi Baiq itu mengisahkan seorang pelajar SMA bernama Dilan yang jatuh hati dengan Milea.

Perasaan itu membuat Dilan berusaha keras mencuri hati Milea, meski di sisi lain ia juga mengemban tugas sebagai panglima geng motor.

6. Miracle in Cell No. 7 (2022)

Miracle in Cell No. 7 (IMDb)

 

Miracle in Cell No. 7 mengumpulkan 5.860.917 penonton selama rilis di bioskop. Film ini merupakan hasil remake film asal Korea Selatan dengan judul yang sama.

Film drama keluarga itu mengisahkan seorang penjual balon sekaligus penyandang disabilitas bernama Dodo. Ia harus menjalani kehidupan di penjara meski tidak melakukan kesalahan.

7. Vina: Sebelum 7 Hari (2024)

Film Vina: Sebelum 7 Hari menjadi film berhasil menjadi film Indonesia terlaris dengan jumlah penonton sebanyak 5,81 juta. Disutradarai oleh Anggy Umbara, Vina: Sebelum 7 Hari merupakan adaptasi dari kisah nyata Pembunuhan Vina Cirebon pada 2016.

Film ini sendiri diperankan oleh Giselma Firmansyah, Nayla Purnama, dan Lydia Kandou. Film ini berkisah tentang jenazah Almarhumah Vina yang ditemukan di flyover Cirebon dianggap mengalami kecelakaan motor tunggal.

Nenek Vina merasa curiga karena tubuh Vina remuk tak wajar, namun tak punya cukup bukti untuk menolak berita acara. Vina merasuki tubuh sahabatnya Linda, Ia hanya punya waktu sebelum 7 hari usai kematiannya untuk mengungkap kebenaran yang menyakitkan.

8. Dilan 1991 (2019)

Hampir serupa dengan sekuel pertamanya, Dilan 1991 juga menjadi salah satu film Indonesia terlaris sepanjang masa. Film ini mencetak 5.253.411 penonton selama tayang di bioskop.

Dilan 1991 mengisahkan hubungan Dilan dan Milea setelah resmi berpacaran. Hubungan itu menghadapi banyak ujian, terutama karena Dilan yang kerap berkelahi hingga terancam dikeluarkan dari sekolah.

9. Sewu Dino (2023)

Film Indonesia terlaris sepanjang masa selanjutnya adalah Sewu Dino. Film horor yang diadaptasi dari utas yang populer di media sosial ini mendapatkan 4.891.609 penonton.

Capaian itu pun membuat Sewu Dino menjadi film Indonesia terlaris pada 2023. Film horor Sewu Dino mengisahkan kutukan santet sewu dino yang dihadapi Sri Rahayu ketika ia bekerja menjadi pembantu keluarga Atmojo.

Ia terpilih untuk pekerjaan itu karena lahir pada Jumat Kliwon.

10. Ipar Adalah Maut (2024)

Ipar Adalah Maut (IMDb)

 

Film Ipar Adalah Maut berhasil mencetak 4.743.510 penonton dan menjadi salah satu film Indonesia terlaris sepanjang masa. Film drama itu bercerita tentang perselingkuhan hubungan rumah tangga yang dihantam badai akibat perselingkuhan.

Ibu Nisa tiba-tiba menitipkan putri keduanya, Rani, untuk tinggal bersama Aris dan Nisa. Rani tadinya menjaga jarak dengan Aris, tapi perlahan, celah hubungan terlarang terbuka.

Dibelakang Nisa, Aris mengkhianati pernikahan dengan adik kandung istrinya sendiri.

Demikian 10 film Indonesia terlaris sepanjang masa. Beberapa film di atas masih dapat disaksikan di berbagai layanan streaming.