Kebakaran Tangki Kilang Cilacap Padam, Pertamina Jamin Stok BBM Aman

Annissa Mutia
14 November 2021, 12:32
Kebakaran Tangki 36 T-102 Kilang Minyak Cilacap Berhasil Dipadamkan/Dok. Pertamina
Pertamina

 PT Pertamina (Persero) memastikan kebakaran tangki 36 T-102 di Kilang Minyak Cilacap sudah dipadamkan secara total pukul 07:45 WIB pada Minggu, 14 November 2021, dan dinyatakan declared aman pada pukul 09:15 WIB.

Selama kejadian kebakaran di tangki 36 T-102 pun, Pertamina menegaskan seluruh operasional Kilang Minyak di Cilacap berlajalan normal.

CEO PT Kilang Pertamina Internasional Djoko Priyono mengatakan beberapa strategi dilakukan untuk melakukan pemadaman di tangki 36 T-102. Pertama, Pertamina melakukan penyekatan terhadap tangki yang terbakar dengan tangki lain di sekelilingnya. Kemudian, pihaknya melakukan pengendalian fluida di tangki 36 T-102 tersebut dengan mentransfer ke tangki lain. Strategi lainnya adalah dengan melakukan cooling (pendinginan) di seputar tangki yang terbakar.

“Kita lakukan juga offensive fire fighting di tangki 36 T-102. Dengan offensive fire fighting maka api dapat dikendalikan dan dapat dipadamkan secara total pada 07:45 WIB tadi pagi,” jelas Djoko pada Press Conference Insiden Tangki Cilacap, Minggu 14 November 2021.

Terkait pengendalian pencemaran lingkungan, Djoko menjelaskan pihaknya juga melakukan beberapa strategi. Pertama, Pertamina melakukan standy peralatan penanggulangan lolosan minyak di holding basin dan pemasangan “absorbent” pada parit-parit. Selain itu, Pertamina melakukan patroli vacuum truck di dalam kilang untuk menyedot sisa minyak dan juga monitoring oleh kru oil man di sekitar tangki.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...