PLN Siapkan Infrastruktur Agar Kendaraan Listrik Semakin Diminati

Anshar Dwi Wibowo
Oleh Anshar Dwi Wibowo - Tim Publikasi Katadata
21 Februari 2023, 12:42
Infrastruktur SPBKLU PLN
Dok PLN

PT PLN (Persero) senantiasa mendukung upaya pemerintah untuk mendorong pertumbuhan kendaraan listrik di Tanah Air. Hal ini turut membangun optimisme bagi Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, jumlah kendaraan listrik di Indonesia terus meningkat baik roda empat maupun roda dua. Oleh karena itu dalam membangun ekosistem ini harus dilakukan melalui kolaborasi bersama dari seluruh pihak.

"PLN tidak bisa sendirian, perlu kolaborasi dari berbagai pihak untuk pengembangan ekosistem kendaraan listrik ini. Kami membuka seluas-luasnya peluang kerja sama franchise SPKLU dan SPBKLU,” katanya

Ia menambahkan, PLN juga memiliki platform Electric Vehicle Digital Services (EVDS) pada superapps PLN Mobile yang memudahkan pengguna kendaraan listrik dan produsen kendaraan listrik dalam melakukan interaksi.

Chief Business Officer Ilectra Motor Group (IMG) pemegang merk motor listrik Alva, Putu Yudha mengatakan, PLN merupakan salah satu stakeholder yang penting untuk membangun ekosistem kendaraan listrik. 

Oleh karena itu, dukungan dan kerja sama dengan PLN sangat penting untuk mendukung kemajuan kendaraan listrik di Indonesia. 

"Tentu kami melihat PLN sebagai stakeholder yang penting dalam ekosistem kendaraan listrik. Saya harap kerja sama ini bisa terus berjalan baik dan saling mendukung kemajuan kendaraan listrik," ujar Putu saat ditemui di Event IIMS 2023.

Yudha optimis, kolaborasi berbagai pihak termasuk PLN akan meningkatkan kepercayaan diri masyarakat untuk menggunakan kendaraan listrik. Saat ini, kata Yudha, kehadiran motor listrik seperti Alva sudah mencuri perhatian yang dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan masyarakat kepada IMG.

Senada dengan Yudha, Head of Sales Planning PT Hyundai Motors Indonesia Constantinus Herlijoso juga menaruh optimisme yang tinggi atas masa depan kendaraan listrik di Indonesia. Apalagi, pemerintah dan juga PLN sebagai stakeholder penting dalam memberikan dukungan untuk membangun ekosistem kendaraan listrik di Indonesia. 

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...