Pefindo Naikkan Peringkat Utang Empat Perusahaan Pembiayaan

Naiknya rating keempat perusahaan pembiayaan tersebut lantaran didukung oleh kinerja induk perusahaan yang kuat
Aria W. Yudhistira
13 November 2014, 18:34
Bursa
Arief Kamaludin|KATADATA
Pefindo menaikkan rating utang empat perusahaan pembiayaan.

KATADATA ? PT Pemeringkat Efek Indonesia (Pefindo) menaikkan rating utang empat perusahaan pembiayaan di tengah kinerja sektor tersebut yang mengalami perlambatan.

Keempat perusahaan tersebut  adalah PT Astra Sedaya Finance Tbk, PT Federal International Finance Tbk, PT Toyota Astra Finance Tbk, dan PT Adira Dinamika Multi Finance Tbk. Peringkat utang keempatnya naik dari AA+ menjadi AAA.

Analis Pefindo Danan Dito mengatakan, naiknya rating keempat perusahaan pembiayaan tersebut lantaran didukung oleh kinerja induk perusahaan yang kuat.

Adira misalnya, yang peringkat utangnya naik dari AA+ menjadi AAA seiring dengan kenaikan peringkat utang PT Bank Danamon Tbk yang merupakan induk perusahaan pembiayaan tersebut. Pada kuartal II-2014, Pefindo menaikkan rating utang Bank Danamon dari AA+ menjadi AAA.  

Advertisement

Lebih lajut, Danan mengatakan, Pefindo menilai induk perusahaan berkomitmen untuk memberikan dukungan finansial di tengah turunnya kinerja Adira. Pada kuartal III-2014, laba bersih Adira tercatat turun 44 persen menjadi Rp 688,2 miliar dibandingkan periode yang sama tahun lalu.

?Ada komitmen pemegang saham pertahankan Adira. Dalam posisi kami sebagai rating agency, dalam keadaan kurang baik, komitmen pemegang saham kelihatan dukungannya,? ujar Danan di Bursa Efek Indonesia (BEI), Jakarta, Kamis (13/11).

Senior Vice President Financial Institutions Ratings Pefindo Hendro Utomo menambahkan, kontribusi Adira ke Bank Danamon besar. Pendapatan bersih dan nilai asetnya yang terkonsolidasi dengan Bank Danamon sangat signifikan. Maka peringkat Adira dinaikkan seiring kenaikan rating induk usahanya.

?Karena keterkaitan dengan Bank Danamon, maka Adira kami naikan,? kata Hendro.

Begitupula yang terjadi pada Toyota Astra Finance karena posisinya sebagai anak usaha PT Astra International Tbk (ASII) di pasar penjualan mobil nasional. Juga kualitas aset yang kuat sehingga peringkatnya naik menjadi AA+ dari AAA.

Hal sama juga terjadi pada Astra Sedaya Finance dan Federal International Finance, yang naik dari AA+ menjadi AAA. Analis Pefindo Gary Hanniffy mengatakan, karena market positioning yang kuat dari keduanya di pasar pembiayaan mobil untuk Astra dan motor untuk Federal. Juga karena adanya dukungan perusahaan induk, yakni Astra Group.

Reporter: Desy Setyowati
News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.
Video Pilihan

Artikel Terkait