Roboh Dihantam Disrupsi Digital

Di Indonesia, baru-baru ini produsen kamera asal Jepang, Nikon, memutuskan untuk menutup aktivitasnya.
Cindy Mutia Annur
2 November 2020, 13:01

Disrupsi digital mengubah peta persaingan bisnis. Sejumlah merek ternama pun terpaksa harus menutup operasionalnya.

Di Indonesia, baru-baru ini produsen kamera asal Jepang, Nikon, memutuskan untuk menutup aktivitasnya. Meski belum menyebutkan alasannya, tapi sejumlah produsen kamera telah menutup operasional bisnisnya.

Olympus misalnya, mengumumkan penutupan operasionalnya karena penyusutan pasar. Selain itu, evolusi smartphone memperparah bisnis perusahaan asal Jepang tersebut. Sebelumnya ada Kodak dan Polaroid yang juga menghentikan kegiatan produksinya dengan alasan yang sama.

Selain perusahaan kamera, jaringan toko mainan Toys R Us juga terpaksa menutup operasionalnya pada 2017 lalu karena bangkrut dan kalah bersaing dengan sejumlah e-commerce seperti Amazon. Sementara di Indonesia, Lotus Departemen Store dan jaringan toko kaset Disc Tarra menutup operasionalnya karena kalah bersaing di era digital.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.