Persaingan Bisnis Pesan Makanan Semakin Sengit

Di Indonesia saat ini terdapat dua pemain utama dalam layanan pesan-antar makanan online, yaitu GoFood dan GrabFood.
Dwi Hadya Jayani
22 Januari 2021, 11:08

Perusahaan e-commerce, Shopee, melebarkan lini bisnisnya dengan menghadirkan layanan pesan-antar makanan daring melalui Shopee Food. Layanan ini telah dimulai sejak April tahun lalu. Sebagai tindak lanjutnya, Shopee pun mulai mencari mitra pengemudi untuk Shopee Food pada November 2020.

Sebelumnya, induk Shopee, Sea Group juga telah mengakuisisi Foody Corporation untuk menyedikan layanan pesan-antar makanan di Vietnam dengan nama Now pada 2017. (Baca: Potensi Bisnis Pesan-Antar Makanan Daring Makin Besar)

“Mitra pengemudi akan mengantarkan makanan dan/atau minuman dari penjual, baik yang terdaftar di Shopee ataupun tidak, kepada pelanggan,” tulis Shopee dalam situs resminya.

Di Indonesia saat ini terdapat dua pemain utama dalam layanan pesan-antar makanan online, yaitu Gojek dengan GoFood dan Grab dengan GrabFood. Pada tahun lalu, total aktivitas penjualan atau Greoss Merchandise Value (GMV) jasa pesan-antar makanan ini mencapai US$ 3,7 miliar.

GoFood menguasai 47% senilai sebesar US$ 1,7 juta, sementara GrabFood mendekati US$ 2 juta atau 53% dari total GMV.