Potensi Besar Energi Terbarukan Indonesia

Kementerian ESDM mencatat terdapat 417,8 gigawatt (GW) potensi sumber energi terbarukan, tapi yang sudah dimanfaatkan baru 10,4 GW atau 2,5%.
Dwi Hadya Jayani
16 Maret 2021, 15:24

Indonesia memiliki potensi besar sumber energi terbarukan. Menurut Kementerian ESDM, total potensi energi terbarukan Indonesia mencapai 417,8 gigawatt (GW). Potensi terbesar berasal dari surya atau matahari sebesar 207,8 GW. (Baca: VW akan Bangun Enam Pabrik Baterai Mobil Listrik Demi Saingi Tesla)

Menteri ESDM Arifin Tasrif dalam “Katadata Future Energy: Tech and Innovation 2021” pada Senin, 8 Maret 2021 mengatakan, pemerintah telah memetakan potensi sumber energi ini. Wilayah yang potensial berada di kawasan timur dan selatan Indonesia yang memiliki tingkat radiasi matahari tinggi, seperti Nusa Tenggara Timur.

Selain itu, Indonesia juga memiliki potensi energi terbarukan lain, seperti arus laut (samudera), panas bumi, bioenergi, bayu, dan hidro. Namun dari total 417,8 GW, yang sudah termanfaatkan baru 10,4 GW atau 2,5%.

Dengan begitu, pemerintah telah menyiapkan sejumlah langkah untuk mengembangkan potensi energi terbarukan. Antara lain penelitian dan pengembangan, serta pemanfaatan teknologi agar kompetitif. Pemerintah juga perlu memberikan insentif hingga perbaikan regulasi untuk menarik investor.

News Alert

Dapatkan informasi terkini dan terpercaya seputar ekonomi, bisnis, data, politik, dan lain-lain, langsung lewat email Anda.

Dengan mendaftar, Anda menyetujui Kebijakan Privasi kami. Anda bisa berhenti berlangganan (Unsubscribe) newsletter kapan saja, melalui halaman kontak kami.