Hadapi Pandemi, 21 Daerah Wisata Bisa Sertifikasi CHSE Gratis

Dini Hariyanti
Oleh Dini Hariyanti - Tim Riset dan Publikasi
27 Desember 2020, 11:00
Wisatawan menikmati pemandangan di area objek wisata Tanah Lot, Tabanan, Bali, Minggu (16/2/2020). Dinas Pariwisata Bali menaksir kehilangan pendapatan dari pariwisata sekitar Rp10 miliar dalam waktu hampir sebulan akibat pembatalan kunjungan sekitar 20.0
ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

Pemerintah menetapkan sebanyak 21 provinsi tujuan pariwisata menjadi fokus awal implementasi sertifikasi CHSE gratis. Sertifikat cleanliness, health, safety, dan environment sustainability ini diharapkan dapat merangsang geliat bisnis di sektor pariwisata yang terpukul selama musim pagebluk.

Provinsi yang dimaksud di antaranya adalah Bali, Yogyakarta, Kepulauan Riau, Aceh, Kalimantan Timur, Jawa Barat, Jawa Timur, NTT, Maluku, Papua, Jawa Tengah, DKI Jakarta, dan Lampung. Melalui penerapan CHSE, Plt. Kadis Pariwisata dan Ekraf DKI Jakarta Gumilar Ekalaya optimistis sektor pariwisata mampu bangkit pada 2021.

Advertisement

“Agar event wisata bisa terlaksana dan kesehatan aman terkendali, semua harus bersinergi. Terpenting, untuk membangkitkan industri ini pada 2021, harus memahami CHSE,” ujarnya mengutip laman Kemenparekraf, Jumat (25/12/2020).

Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) memang mengimbau pengusaha event agar taat protokol kesehatan berbasis CHSE. Pasalnya, sertifikat ini diharapkan bisa membantu memulihkan geliat bisnis event dan wisata tanpa menimbulkan risiko klaster penularan Covid-19.

Edy Wardoyo selaku Sekretaris Deputi Bidang produk Wisata dan Penyelenggara Kegiatan Kemenparekraf mengatakan, CHSE hadir guna membangun rasa optimis dan semnangat pelaku usaha pariwisata dan ekonomi kreatif dalam menghadapi pandemi Covid-19.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement