Keluarga yang Tahan Banting, Kunci Kekuatan Lalui Pandemi

Hanna Farah Vania
Oleh Hanna Farah Vania - Tim Riset dan Publikasi
30 Januari 2021, 13:05
CHINA-HEALTH/JAPAN-SHIP
ANTARA FOTO/REUTERS/Issei K

Keluarga merupakan unit sosial terkecil pada inti masyarakat yang sangat penting ketika menghadapi pandemi. Saat ini, peningkatan kasus justru secara signifikan muncul dari unit sosial terkecil tersebut. Ketua Bidang Perubahan Perilaku Satgas Penanganan Covid-19 Sony Harry B Harmadi menyebutkan 40,1 persen kasus di Jakarta berasal dari klaster keluarga.

“Kami sudah selalu ingatkan, kalaupun harus pergi maka pergilah dengan orang yang serumah saja. Tapi masalahnya, sebaliknya. Ini yang menyebabkan ternyata di klaster keluarga terjadi peningkatan penularan virus Corona,” ujar Sony dalam diskusi daring dengan Katadata, beberapa waktu lalu.

Persoalan ini sebetulnya dapat dicegah dengan penguatan perilaku dari dalam keluarga. Menurut Erna Rochana dalam publikasi yang bertajuk “Covid-19 & Disrupsi: Tatanan Sosial Budaya, Ekonomi, Politik, dan Multi (Catatan Akademisi, Jurnalis, Aktivis, dan Diaspora)”, kelentingan keluarga sangat penting di masa pandemi. Kelentingan keluarga menunjukkan suatu situasi keluarga yang fleksibel, kuat, dan tidak rapuh.

“Keluarga lenting terbangun oleh kekuatan positive thinking untuk beradaptasi menghadapi dinamika hidupnya,” ujar Erna pada tulisannya. Dengan lahirnya afeksi dan perhatian, keluarga dapat menguatkan satu sama lain. Ini akan berdampak pada keluarga inti, keluarga besar, hingga keluarga lain di lingkungannya.

Kunci utama untuk bertahan adalah mengedepankan potensi yang masih tersisa untuk menghadapi masalah bersama. Erna menilai keluarga lenting cenderung senang berbagi baik barang, jasa, dan informasi. Tak hanya bagi masyarakat di luar keluarga inti, keluarga lenting juga mampu mencari cara untuk bertahan selama pandemi.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...