Kepatuhan Protokol Kesehatan Kunci Menekan Penularan Covid-19

Image title
Oleh Alfons Yoshio - Tim Riset dan Publikasi
7 Februari 2021, 12:25
DEPOK SIAGA 1 PENYEBARAN COVID-19
ANTARA FOTO/Asprilla Dwi Adha/aww.

Penularan Covid-19 di Indonesia terus bertambah. Selain itu penyebarannya juga semakin luas. Kawasan yang masuk zona merah sempat mencapai 108 daerah.

Namun per Ahad (31/1), jumlah daerah zona merah turun menjadi 63 kota/kabupaten. Data Satgas Covid-19 menunjukkan, kepatuhan terhadap protokol kesehatan sangat berpengaruh dalam penurunan penularan Covid-19.

Advertisement

Daerah yang masuk zona merah disebut memiliki tingkat kepatuhan memakai masker dan menjaga jarak kurang dari 60 persen. Sedangkan daerah yang masuk zona hijau, tingkat kepatuhannya terhadap protokol kesehatan mencapai 91-100 persen.

Salah satu daerah yang berhasil keluar dari zona merah adalah Kabupaten Tasik. Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menjelaskan, kalau hal ini dapat tercapai dengan penegakan aturan berbasiskan bantuan aplikasi.

Dia memaparkan kalau pemerintah pusat dan dan Komite Penanganan COVID-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional (KPCPEN) punya aplikasi pelaporan protokol kesehatan. Lewat aplikasi ini pelaporan pantauan keramaian di ruang publik bisa dilakukan dan diolah menjadi data.

“Hasilnya luar biasa, daerah yang sebelumnya sempat merah seperti Kabupaten Tasik, sekarang sudah keluar dari zona merah karena termotivasi oleh temuan data ini,” kata Ridwan dalam daialog yang diselengarakan KPCPEN tengah pekan lalu.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement