Mengenal Long Hauler, Gejala Covid-19 Berkepanjangan

Image title
Oleh Alfons Yoshio - Tim Riset dan Publikasi
7 Februari 2021, 16:18
HEALTH-CORONAVIRUS/MYANMAR-VACCINE
ANTARA FOTO/REUTERS/Thar Byaw/HP/dj

Virus Corona terus berlangsung penyebarannya dan berevolusi. Teranyar, ahli menemukan fenomena baru pada sebagian penderita Covid-19. Mereka merasakan gejala sampai berminggu-minggu dan bahkan berbulan-bulan.

Mereka yang masuk kategori ini disebut sebagai long hauler. Pada dasarnya mereka telah pulih dari Covid-19 dan juga dinyatakan negatif, namun masih bergejala.

Rangkuman Cleveland Clinic terhadap sebuah riset menunjukkan mayoritas pasien Covid-19 dikategorikan dalam dua kelompok. Sekitar 80 persen masuk ke kategori pertama, yaitu mereka dengan gejala ringan dan mayoritas tuntas dalam dua minggu. Sementara untuk kategori sisanya, dengan gejalan yang lebih berat, akan butuh waktu tiga sampai enam pekan untuk pasien sehat kembali.

Namun, dalam studi terbaru ditemukan kategori baru di luar dua kelompok tersebut. Sekitar 10 persen dari penderita Covid-19 akan merasakan gejala berkepanjangan sekitar satu sampai tiga bulan semenjak mereka terinfeksi. Mereka inilah yang masuk kategori long hauler.

Sayangnya, belum ditemukan sebab khusus long hauler Covid-19 ini bisa terjadi. Dokter Christopher Babiuch menjelaskan kelompok ini bercampur dengan mereka yang bergejalan ringan dan berat, serta bisa menyerang siapa saja; tidak mengenal usia maupun kondisi.

"Kami belum bisa menentukan rata-rata usia atau memprediksi siapa yang mungkin memiliki gejala jangka panjang. Kondisi ini ditemukan pada mereka yang relatif muda dan sehat, juga pada mereka yang berusia lebih tua," ujarnya kepada Cleveland Clinic. Dia menambahkan kebutuhan dari tiap pasiennya untuk sembuh pun cenderung berbeda-beda dan analisis data masih perlu dilakukan lebih jauh.

Lebih lanjut Christopher menjelaskan gejala long hauler Covid-19 mencakup; batuk, sesak di dada, napas pendek, sakit kepala, nyeri otot, dan diare. Namun, gejala yang paling signifikan ditemukan pada penderita gejala berkepanjangan ini adalah kelelahan. Pada banyak kasus mereka terlihat sangat letih dan lesu.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...