Linglung hingga Sesak Nafas, Gejala Lain Long Covid-19

Image title
14 Maret 2021, 14:30
DONOR PLASMA KONVALESEN ANGGOTA POLISI
ANTARA FOTO/Fauzan/foc.

Tak sedikit penyintas Covid-19 mengalami gejala berkelanjutan meski telah dinyatakan sembuh hingga beberapa hari atau bahkan pekan. Kondisi ini kerap disebut sebagai long Covid-19 dan memiliki sejumlah gejala umum.

Ketua Pokja Infeksi Perhimpunan Dokter Paru Indonesia (PDPI) dr. Erlina Burhan dalam webinar Prove Family, menjelaskan beberapa gejala sangat mengganggu kualitas hidup. Mulai dari kelelahan, batuk, anosmia (kesulitan membau dan rasa), sakit kepala, nyeri perut, hingga rasa linglung dan bingung.

“Banyak lupa, mau ngomong sesuatu tapi bingung. Bikin enggak nyaman,” ujar Erlina melansir Antara.

Lebih lanjut dia menjelaskan, seharusnya mereka yang sembuh dari Covid-19 sudah sehat seperti sedia kala usai masa pemulihan dua sampai enam minggu. Namun, pada pasien berusia 18-34 tahun yang punya kondisi kesehatan baik, ditemukan sekitar 20 persen yang mengalami gejala berkelanjutan ini.

Dia menambahkan faktor risiko seperti hipertensi, obesitas, dan kesehatan mental pada pasien kerap menjadi sebab long Covid-19. Lebih lanjut fenomena ini juga biasanya dirasakan orang yang sempat terdampak Covid-19 dengan gejala sedang, berat, atau kritis.

Halaman:

Masyarakat dapat mencegah penyebaran virus corona dengan menerapkan 3M, yaitu: memakai masker, mencuci tangan, menjaga jarak sekaligus menjauhi kerumunan. Klik di sini untuk info selengkapnya.
#satgascovid19 #ingatpesanibu #pakaimasker #jagajarak #cucitangan

Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...