Pemerintah Tugaskan Lagi Pertamina Kelola East Kalimantan dan Attaka

Anggita Rezki Amelia
31 Januari 2018, 15:19
Rig Minyak
Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) kembali menugaskan PT Pertamina (Persero) mengelola Blok East Kalimantan dan Attaka. Dengan begitu tidak akan ada proses lelang yang sebelumnya pernah direncanakan.

Menurut Pelaksana tugas (Plt) Direktur Jenderal Minyak dan Gas Bumi (Migas) Kementerian ESDM Ego Syahrial mengatakan hingga kini Pertamina juga tidak keberatan dengan penugasan itu. “Blok East Kalimantan dan Attaka ditugaskan ke Pertamina. Pertamina menerima penugasan itu,” kata dia di Jakarta, Selasa (31/1).

Di sisi lain, pihak Pertamina menilai masih perlu mempelajari keekonomian blok tersebut. Badan Usaha Milik Negara (BUMN) energi itu juga akan berupaya membuat blok yang saat ini dikelola Chevron itu bisa ekonomis.

Jika perlu, Pertamina akan menyampaikan kebutuhan agar blok bisa ekonomis. “Hal tersebut merupakan penugasan. Kami akan studi dan berupaya agar ekonomis, bila perlu ada hal-hal yang nantinya dimintakan ke pemerintah juga,” ujar dia kepada Katadata.co.id, Selasa (30/1).

Kementerian ESDM sebenarnya telah menugaskan Pertamina mengelola Blok East Kalimantan sejak Januari tahun lalu. Namun, perusahaan pelat merah itu mengembalikan blok tersebut karena dianggap dianggap tidak ekonomis.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...