Transisi Alih Kelola Blok Sanga-sanga Tunggu Tanda Tangan Kontrak

Anggita Rezki Amelia
22 Mei 2017, 17:36
Blok migas
Katadata

PT Pertamina hingga kini belum dapat melakukan masa transisi alih kelola Blok Sanga-sanga. Padahal, pemerintah sudah menyerahkan pengelolaan blok migas di Kalimatan Timur itu ke Pertamina setelah masa kontrak VICO Indonesia berakhir. Salah satu sebabnya adalah masih menunggu penandatanganan kontrak.

Menurut Direktur Hulu PT Pertamina (Persero) Syamsu Alam, jika mengacu kepada proses alih kelola Blok Mahakam maka transisi Blok Sanga-sanga harus didahului oleh penandatanganan kontrak. “Kalau mengacu Blok Mahakam, iya,” kata dia kepada Katadata akhir pekan lalu.

Advertisement

(Baca: Pemerintah Atur Transisi Investasi Blok Migas Habis Kontrak)

Sebagai gambaran, kontrak Blok Sanga-sanga akan berakhir pada 2018 nanti.  Blok ini masih dioperasikan VICO Indonesia. Namun, setelah kontrak berakhir, Pertamina mendapatkan penugasan untuk mengelola Blok Sanga-sanga dari pemerintah.

Meski belum ada penandatangan kontrak, Pertamina sudah menyiapkan proses transisi tersebut. “Sedang persiapan teamnya,” ujar Syamsu.

Di sisi lain, Direktur Jenderal Migas Kementerian ESDM I.G.N. Wiratmaja Puja menyerahkan semua proses transisi kepada Pertamina. “Pemerintah sudah memberikan ke Pertamina. Jadi proses transisi bisa ditanyakan ke Direktur Hulu Pertamina,” ujar dia kepada Katadata, akhir pekan lalu.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...
Advertisement