Jonan Beri Dana Riset ke Bocah Penemu Listrik dari Pohon Kedondong

Miftah Ardhian
19 Mei 2017, 18:49
Jonan
Arief Kamaludin | Katadata

Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) memberikan suntikan dana kepada Naufal Raziq atas keberhasilannya menemukan energi listrik dari pohon kedondong. Dana tersebut diberikan Menteri ESDM Ignasius Jonan agar bocah berusia 15 tahun ini dapat mengembangkan temuannya tersebut.

Staf Khusus Menteri ESDM Hadi M. Djuraid mengatakan, Jonan telah menemui Naufal di kantor Kementerian ESDM, Jumat siang (19/5). Dalam pertemuan itu, Naufal mempresentasikan hasil temuannya. (Baca: PLN Siap Alirkan Listrik ke 562 Desa di Papua dan Maluku Tahun Ini)

Jonan berpesan agar Naufal terus mengembangkan hasil penemuannya. Tujuannya supaya temuan itu tidak hanya dinikmati diri sendiri, melainkan bisa dirasakan manfaatkan bagi orang banyak.

Mantan Menteri Perhubungan itu juga menjanjikan adanya dana pengembangan untuk Naufal. Dana ini berasal dari anggaran Direktor Jenderal Energi Baru Terbarukan dan Konservasi Energi (EBTKE).

"Tadi juga Pak Jonan mengarahkan bahwa nanti akan ada anggaran dari Ditjen EBTKE untuk pengembangan riset lebih lanjut," ujar Hadi saat ditemui usai pertemuan tersebut.

Di tempat yang sama, Naufal menceritakan asal mula temuannya. Saat diberi tugas percobaan ilmiah pada tahun 2015 lalu, dia teringat pelajaraan di Sekolah Dasarnya (SD). Pelajaran itu adalah asam dalam buah mampu menghasilkan energi listrik.

Alhasil, Naufal mencoba teori tersebut pada sebuah kentang. Caranya dengan memasukkan lempengan tembaga dan logam. Hasilnya kentang tersebut menghasilkan suatu tegangan.

Halaman:
Berita Katadata.co.id di WhatsApp Anda

Dapatkan akses cepat ke berita terkini dan data berharga dari WhatsApp Channel Katadata.co.id

Ikuti kami

Artikel Terkait

Video Pilihan
Loading...